Apa itu spiritual? Apa Peran Spiritualitas Dalam Kehidupan Manusia?

Apa Itu Spiritual

Apa itu spiritual – Anda tentu sering mendengar istilah spiritual bukan? Istilah ini sering digunakan orang dalam menyampaikan informasi atau membahas hal yang berkenaan dengan agama dan hal-hal yang sifatnya rohani. Namun, tahukah Anda jika spiritual dan agama merupakan hal yang berbeda?

Agama merupakan keyakinan dan agama ini digunakan manusia sebagai sebuah alat untuk mengenal Tuhan. Juga untuk mendekatkan diri kepada Tuhan melalui aktivitas ibadah serta menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Sementara itu, spiritual merupakan pengalaman batin, dan merupakan tahapan yang dicapai oleh manusia saat menjalankan agama atau menjalani kehidupan dari sisi rohani.

Meski sudah sering didengar, namun tidak sedikit orang yang masih belum memahami apa itu spiritual dan peran spiritualitas dalam kehidupan manusia. Bagi Anda yang ingin memahami lebih lanjut mengenai spiritual dan bagaimana perannya dalam kehidupan, maka Anda bisa mempelajarinya disini. Anda bisa memulai memahaminya mulai dari mengenal pengertian spiritual itu sendiri. Banyak ahli yang sudah memberikan definisi mengenai arti dari spiritual tersebut.

Sementara itu peran spiritualitas dalam kehidupan manusia lebih pada bagaimana memahami makna spiritualitas dalam kehidupan dari sisi yang memberikan manfaat langsung bagi manusia. Kebanyakan orang cenderung memanifaetasikan makna spiritual dari sisi kecerdasan yaitu kecerdasan spiritual. Melalui pengelolaan kecerdasan spiritual setiap orang bisa menemukan kesadaran diri tertinggi dan menemukan makna hidup yang sesungguhnya.

Pengertian Spiritual Menurut Para Ahli

 

Apa Itu Spiritual

Berikut ini beberapa defisini tentang apa itu spiritual dari para ahli yang dapat Anda pelajari.  Dengan memahami definisi spiritual di bawah ini, diharapkan Anda semakin dapat menyadari keberadaan Anda sendiri, memiliki kesadaran diri, dan bisa memanfaatkan energi spiritual yang Anda miliki untuk menjadi sarana Anda mewujudkan harapan dalam kehidupan serta menjadi sarana Anda menemukan solusi dari masalah hidup yang Anda Alami.

1. Apa arti spiritual menurut Ellison

Spiritual merupakan suatu usaha mencari arti kehidupan, tujuan serta panduan dalam menjalani kehidupan, bahkan pada orang-orang yang tidak mempercayai adanya Tuhan.

2. Apa arti spiritual menurut Dossey dan Guazetta

Spiritual adalah inti dari manusia yang memasuki serta mempengaruhi kehidupannya dan dimanifestasikan dalam pemikiran, perilaku, dan dalam hubungannya dengan diri sendiri, orang lain, alam, serta Tuhan.

3. Apa arti spirtual menurut Piedmont

Spiritualitas adalah usaha individu untuk memahami sebuah makna yang luas akan pemaknaan pribadi dalam konteks kehidupan setelah mati. Ini berarti bahwa sebagai manusia, kita sepenuhnya sadar akan kematian. Dengan demikian, kita akan mencoba sekuat tenaga untuk membangun beberapa pemahaman akan tujuan dan pemaksaan akan hidup yang sedang kita jalani.

Sebagai dimensi yang berbeda, spiritual membuka pintu untuk untuk memperluas pemahaman kita tentang motivasi manusia dan tujuan kita sebagai mahluk, mengejar dan berusaha memuaskan diri. Kita tak harus menjadi terlalu antusia tentang kemampuan spiritualitas untuk memberikan jawaban akhir tentang kondisi kehidupan manusia.

4. Spiritual Menurut wigglasworth

Spiritualitas memiliki 2 komponen yaitu vertikal dan horisontal

  • Komponen Vertikal, yaitu sesuatu yang suci, tidak berbatas tempat dan waktu, sebuah kekuatan yang tinggi, sumber, kesadaran yang luar biasa. Keinginan untuk berhubungan dengan dan diberi petunjuk oleh sumber ini.
  • Komponen Horisontal, yaitu melayani teman-teman manusia dan planet secara keseluruhan.

Jadi spiritualitas merupakan pencarian terhadap sesuatu yang bermakna yang meliputi hubungan vertikal.dengan Tuhan dan hubungan horisontal dengan manusia lainnya.

5. Spiritual Menurut Syaiful M. Maghsri

Menurut Bapak Syaiful M. Maghsri, Spiritualitas adalah sesuatu yang ada dan berhubungan dengan jiwa manusia. (“Pencerahan” – Pendakian Spiritual untuk Menggapai Cahaya Ilahi & Meraih Kesuksesan Sejati, Biopublisher, 2006, hal.02)

Mengapa jiwa manusia? Karena semua manusia di dunia ini memiliki jiwa. Manusia terdiri atas tubuh dan jiwa.

Eksistensi jiwa dapat diproyeksikan melalui pikiran karena secara umum eksistensi jiwa dapat diketahui melalui pola kerja pikiran yang termanifestasikan melalui kata-kata dan atau perbuatan. Jiwa secara lebih mendalam dapat disejajarkan  dengan hidup itu sendiri. Dimana hidup itu mengikuti hukum-hukum universal yang telah di tentukan (mutlak). Setiap orang mempunyai keinginan dalam dirinya untuk mengenal dan mengetahui kebenaran yang hakiki yang tunduk pada hukum universal.

Melalui jalan spiritual setiap orang dapat menemukan kebenaran hakiki dan mengubah segala sesuatu ke kondisi kesadaran. Masih menurut Syaiful M. Maghri, seluruh esensi kerja spiritualitas adalah bahwa ia mengubah kesadaran dan menghasilkan perubahan segala sesuatu dan bentuk. Dimana segala sesuatu adalah bentuk kesadaran atau energi yang termanifestasikan.

________________________________________

Demikian beberapa penjelasan mengenai apa itu spiritual dari para ahli. Dengan mengetahui berbagai definisi spiritual di atas, dapat kita tarik benang merah bahwa spiritual pada hakekatnya merupakan jalan untuk menemukan kesadaran diri tertinggi. Juga bagaimana memaknai hubungan dengan Tuhan dengan pikiran, ucapan, dan prilaku/tindakan yang sesuai dengan jiwa dan kebenaran hakiki dalam meraih tujuan hidup.

Bagaimana dengan Peran Spiritualitas dalam Kehidupan Manusia?

Realisasi spiritualitas dalam kehidupan manusia termanifestasi dalam kecerdasan spiritual yang dimilikinya. Melalui kecerdasan spiritual dapat lahir ide-ide spiritual tingkat tinggi yang bisa diterjemahkan ke bentuk-bentuk fisik yang bisa di rasakan, di sentuh, dinikmati dan terjangkau oleh perangkat indra manusia.

Yang menjadi titik penting dari semua spiritualitas adalah bagaimana menciptakan hubungan yang berkualitas dengan sang pemilik energi Tunggal Allah SWT. Ini merupakan jalan untuk memahami fakta yang mendalam tentang makna spiritualitas dalam kehidupan manusia yang sangat hakiki.

Dalam kenyataannya manusia adalah makhluk yang lemah. sementara putaran roda kehidupan sedemikian kuat dan hal ini mendorong manusia untuk menempatkan spiritualitas sebagai kebutuhan penting dalam hidupnya. Dengan begitu kesadaran dirinya mampu menuntun pikiran, hati, ucapan dan tindakannya pada cara-cara yang diridhoi oleh Tuhan sehingga mudah terhubung ke berbagai aspek kehidupan yang menjadi tujuan hidupnya.

Untuk menuju kepada tujuan hidup melalui jalan spiritual Anda memerlukan seorang pembimbing/guru atau mentor di bidang spiritual. Melalui pembimbing/guru sp[iritual yang tepat Anda dapat dengan mudah memahami apa itu spiritual dan bisa menemukan metode atau cara spiritual yang bisa memberi makna bagi kehidupan Anda sekaligus menjadi cara yang tepat bagi Anda untuk mengatasi permasalah dalam hidup dan mewujudkan harapan. Selain itu Anda juga bisa memahami bahwa dalam spiritualitas yang ada dalam diri manusia ada energi hidup yang menggerakkannya yang disebut dengan Bioenergi. Dari seorang pembimbing/guru spiritual, Anda bisa mengelola energi spiritual yang Anda miliki untuk menemukan ide-ide, metode dan sarana untuk meraih tujuan hidup Anda.

________________________________

Dari berbagai devinisi tentang apa itu spiritual dimana spiritual merupakan jalan untuk menemukan kesadaran diri, maka hal ini selaras dengan pengertian Bioenergi menurut Syaiful M. Maghsri yaitu bahwa “Bioenergi adalah Seni Menyadari Diri” – Pengertian Praktis.

Ketika Anda menempuh jalan spiritual untuk menghubungkan diri dengan Pemilik Energi Tunggal dan juga terhubung dengan aspek hidup yang menjadi tujuan Anda, ada energi yang menggerakannya. Energi inilah yang disebut dengan Bioenergi. Yaitu suatu daya intensitas yang menyusupi seluruh struktur anatomis benda di alam semesta ini baik dalam benda hidup maupun benda mati, termasuk ada dalam diri manusia. Dengan demikian manusia yang terdiri dari tubuh dan jiwa juga terdiri atas energi. Yang meliputi energi kehidupan – Bioenergi itu sendiri serta energi spiritual, yang kesatuannya menjadikan siklus kehidupan bisa berjalan sesuai hukum universal.

Karena Bioenergi memiliki kesadarannya sendiri dan hanya dapat dipergunakan untuk hal-hal yang sifatnya positif, maka Bioenergi sering juga disebut sebagai energi spiritual.

Bioenergi merupakan energi spiritual yang sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup manusia. Baik untuk peningkatan kualitas kesehatan, kebugaran tubuh, penyembuhan dan berbagai aspek hidup seseorang. Yang meliputi jasmani, rohani, mental, emosional, sosial, ekonomi, dan spiritual.

Untuk bisa mengelola energi spiritual atau Bioenergi yang ada dalam diri Anda agar bisa bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan Anda diperlukan proses penyesuaian atau peyelarasan energi. Dalam ilmu Bioenergi proses ini dinamakan Bioenergi Adjustment.

Untuk mendapatkan proses Bioenergi Adjustment bisa dengan mengikuti pelatihan Bioenergi di Bioenergi Center, atau dengan memanfaatkan produk solusi Kapsul Bioenergi.

Selengkapnya tentang berbagai Manfaat Kapsul Bioenergi untuk Anda

silahakn klik: ⇓⇓⇓

Apa itu Spiritual

Apa itu spiritual? Apa Peran Spiritualitas Dalam Kehidupan Manusia?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas