Merubah Mimpi Menjadi Kenyataan Bagian 2

Artikel lanjutan Bagian 1.
4. Tujuan Yang S.M.A.R.T

Sebelum kita mengatur tujuan, adalah penting bahwa kita memiliki gagasan tentang bagaimana menulis tujuan yang efektif. Kita ingin tujuan terdefinisi dengan baik dan mudah untuk memotivasi diri kita ke depan, dan akhirnya, mencapainya.

Kerangka terbaik yang pernah saya temui adalah filosofi S.M.A.R.T. Berdasarkan filosofi ini,  tujuan kita harus:

1. Specific (Spesifik),

2. Measurable (Terukur),

3. Action-Oriented (Berorientasi kegiatan),

4. Realistic/Relevan  (Realistis), dan

5. Time/resource constrain (Waktu / batasan sumberdaya).

Jadi, sekarang kita memiliki kerangka yang telah terbukti untuk mendasari tujuan kita, sekarang kita dapat mulai menetapkan beberapa tujuan.

 

5. Mendefinisikan Tujuan

Sekarang kita harus berpikir tentang sebuah Tujuan yang ingin kita capai. Ini adalah sesuatu yang cukup besar seperti memiliki sebuah rumah di tepi pantai atau mendapatkan pekerjaan sebagai Enjiner.

Kita tentu saja akan memilah ini ke dalam bentuk Milestones dan kemudian membaginya ke dalam poin-poin kegiatan lebih kecil agar dapat lebih mudah dicapai.

Namun, untuk saat ini Anda perlu memutuskan beberapa area yang Anda ingin tingkatkan dan kemudian tulis menggunakan filosofi SMART seperti diatas.

6. Daftar Milestones

Sekarang kita dapat melihat Tonggak utama yang perlu kita ambil untuk mencapai Tujuan kita. Sebagai contoh adalah untuk mendapatkan pekerjaan sebagai Enjiner, ada beberapa langkah utama tertentu yang perlu kita ambil untuk mewujudkan tujuan ini. Misalnya, Milestone paling jelas yang kita butuhkan untuk mencapai tujuan ini adalah dengan menyelesaikan sekolah keteknikan.

Seperti yang Anda lihat, kita telah secara progresif memecah tujuan kita ke dalam potongan yang lebih kecil, potongan yang lebih mudah dikelola.

7. Mengatur Tugas

Selanjutnya kita perlu membagi ini Milestones ke dalam tugas-tugas (kegiatan) yang spesific. Ini mengagumkan karena Anda dapat secara efektif menentukan sendiri tugas/kegiatan dan kemudian memeriksa daftar Anda. Hal ini memudahkan  untuk memeriksa kemajuan Anda.

Kita ambil contoh lain,  Tujuan kita kali ini adalah untuk membuat $ 1 juta dari pasar saham dalam waktu 3 bulan, dengan investasi awal sebesar $10.000, dengan berinvestasi dalam opsi saham. Catat ini adalah tujuan SMART.

Kemudian mari kita membuat Milestone pertama kita untuk ‘belajar bagaimana berinvestasi di pasar saham, “kita kemudian dapat melanjutkan untuk memilah ini ke dalam Tugas/kegiatan yang lebih kecil.

Tugas pertama kita kemudian bisa berupa membaca buku “ Options Trading”, satu bab satu malam, catat, bahwa ini juga merupakan Tujuan SMART.

Tempelkan rencana harian Anda ini pada dinding dan ceklah jika sudah selesai.

8. Yakin akan Sukses

Anda dapat menarik kesejajaran antara Sukses Anda dan statemen Tujuan Hidup Anda. Namun, keyakinan Anda lebih dari sebuah pernyataan dari Keyakinan dan Janji Anda tentang bagaimana Anda akan menjalani hidup ini.

Ini akan memberikan dasar untuk pengambilan keputusan Anda dan juga berfungsi sebagai pengingat  motivasi. Jangan ragu untuk memasukkan beberapa afirmasi seperti “saya selalu tenang dalam krisis”, kata-kata ini akan memberikan beberapa motivasi ekstra.

Dan jika Anda percaya dan mengatakan kata-kata ini sesering mungkin, dengan keyakinan, maka perilaku Anda akan berubah dan merefleksikan hal ini.

9. Pertanyaan Sukses

Bukan hal yang istimewa, ketika Anda melihat tujuan Anda setiap hari, untuk sekadar berkata kepada diri sendiri “baik, saya pikir sejauh ini akan OK”.  Anda harus benar-benar melihat kemajuan yang telah dilakukan/dicapai dan tanyakan pada diri sendiri,” Bagaimana cara saya untuk bisa melakukan hal ini lebih baik lagi?

10. Satu Step

Selamat! Dengan membaca tips ini berarti Anda telah melalui satu langkah awal. Dengan demikian Anda hanya perlu meneruskan dengan 9 langkah berikutnya. Semoga Sukses.

Demikian Langkah-langkah jitu Merubah impian menjadi Kenyataan yang kami tulikan saat ini, nantikan artikel-artikel menarik lainnya hanya di kapsulbioenergi.com

Semoga bermanfaat, Salam Sehat dan Sukses selalu

SHARE: