KEBIASAAN BURUK SAAT DAN SETELAH MAKAN

Kebiasaan buruk saat makan >> Banyak orang mengalami gangguan kesehatan atau istilah lainnya mengalami penyakit dari yang berat sampai ringan. Orang sering mengeluh mules-mules/diare,hal ini mungkin disebabkan karena pola makanan,karena sedikit banyak faktor pola makanan yang tidak sehat menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Pertanyaanya adalah, apa saja yang perlu kita hindari agar terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan pola makan.  Berikut pembahasan lengkapnya untuk anda.

1. Makan dengan Cepat
Sebuah studi mengungkapkan, wanita yang diminta makan cepat lebih banyak mengonsumsi makanan (dalam waktu sebentar) dibandingkan wanita yang memakan makanan dengan pelan. Kenapa? Saat makan perlahan, otak punya waktu lebih banyak untuk menghantarkan rasa kenyang dan menyuruh Anda berhenti makan.
Mungkin cara ini kurang populer dilakukan dan Anda akan merasa banyak membuang waktu. Tapi jika ingin mengontrol asupan makanan yang masuk, cobalah menghitung kunyahan makanan Anda. Kunyahlah makanan sebanyak 15 sampai 20 kali, dan berhenti sebentar sebelum menyuap makanan lagi.

2. Makan Sambil Melakukan Aktivitas Lain
Saat makan, fokuskan hanya pada makanan yang tersaji di depan Anda. Para peneliti dari Food and Brand Lab di Cornell University mempelajari perilakuorang yang makan sambil mengerjakan kegiatan lain dan hasilnya, mereka tidak menyadari berapa banyak makanan yang mereka konsumsi hingga 30 persen jika perhatian mereka teralihkan.
Usahakan jangan makan sambil menonton TV, kerja di depan komputer atau membaca buku. Biasanya, orang akan lebih memerhatikan berapa banyak yang telah mereka makan saat hanya fokus pada makanannya sendiri. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari makan berlebihan.

3. Makan Saat Stres atau Bosan
Makanlah hanya saat Anda lapar. Memakan snack, terutama yang berkarbohidrat tinggi saat gelisah memang akan meningkatkan produksi serotonin yang membuat mood lebih baik dan terkendali. Tapi masalahnya, hal itu juga dibarengi dengan terganggunya kadar gula dalam darah yang semakin menambah hasrat untuk makan.
Cobalah untuk tidak menimbun camilan dalam lemari Anda, khususnya keripik kentang atau penganan lain yang mengandung karbohidrat tinggi. Saat sedang stres atau bosan, alihkan perhatian dengan membaca buku atau menonton TV, tapi ingat, tanpa makanan kecil. Jika tak juga bisa menahan hasrat ingin mengunyah, lebih baik konsumsi buah-buahan.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Protein Hewani
Kurangi konsumsi daging merah, ikan atau ayam sebagai lauk. Perbanyak sayur daripada lauk saat makan. Misalnya saja, cukup tambahkan sedikit potongan ayam ke dalam tumis buncis atau taburkan beberapa cacahan daging di atas salad segar. Anda juga bisa mengganti lauk dengan tahu, tempe atau jamur.

Setelah Makan, Hindari melakukan aktifitas sebagai berikut:

1.Jangan Merokok
Para ahli membuktikan bahwa merokok satu batang setelah makan sebanding dengan sepuluh batang rokok.

2. Hindari makan buah-buahan
Makan buah setalah makan dapat menyebabkan perut menjadi kembung karena udara. Oleh karena itu baik mengkonsumsi buah setelah 1- 2 jam atau 1 jam sebelum makan.

3. Jangan minum teh
Teh mengandung kandungan asam yang tinggi. Zat ini akan menyebabkna protein dalam makanan akan mengeras sehingga sulit untuk dicerna.

4. Jangan longgarkan ikat pinggang
Melonggarkan sabuk setelah makan akan menyebabkan usus mudah untuk memutar dan terblok.

5. Jangan mandi
Mandi akan meningkatkan aliran darah ketangan, kaki & tubuh sehingga sejumlah darah disekitar perut akan menurun. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan didalam perut.

6. Jangan Berjalan-jalan
Berjalan setelah makan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan.

7. jangan tidur
Makan yang dikonsumsi tidak akan mampu dicerna dengan baik. sehingga dapat menyebakan infeksi usus dan lambung.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari saat dan setelah makan. Mulailah memperhatikan beberapa hal kecil yang berakibat buruk bagi kesehatan, karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Salam Sukses dan sehat selalu

Bioenergi center

KEBIASAAN BURUK SAAT DAN SETELAH MAKAN
Kembali ke Atas