Daftar Makanan Pemicu Jerawat

Jerawatan?-Makanan penyebab jerawat bukan hanya mitos. Walaupun penyebab jerawat tidak diketahui, berbagai faktor pemicu terjadinya jerawat harus diwaspadai, salah satunya adalah makanan. Jika makanan penyebab jerawat merupakan makanan favorit anda, maka anda harus memulai mengontrol asupannya. Anda tidak harus berhenti sama sekali, tetapi dengan mengatur jumlah makanan penyebab jerawat yang akan anda konsumsi setidaknya mengurangi kecendrungan timbulnya jerawat.

Jerawat sering identik dengan remaja, walaupun dewasa muda juga kadang masih “suka” jerawatan. Banyak kaum remaja yang meskipun memiliki wajah yang cerah serta putih, namun tetap merasa kurang pede akibat jerawat di wajah. Untuk mencegah jerawat timbul, yang terpenting hindari faktor pencetus terjadinya jerawat, olahraga teratur, hindari stress, jaga kebersihan dan hindari makanan penyebab terjadinya jerawat.

Daftar Makanan Penyebab Jerawat

Berikut ini adalah daftar berbagai macam makanan yang menyebabkan jerawat:

Makanan yang digoreng

Jika mengonsumsi lemak minyak tidak sehat secara teratur, tubuh akan dipaksa untuk menggunakannya untuk membentuk sel kulit baru. Sel-sel kulit tidak akan berfungsi dengan baik. Akhirnya, jerawat dan penyakit kulit lainya dapat muncul. Jenis makanan gorengan yang paling sering menyebabkan jerawat antara lain:

-Kentang goreng

-Donat

-Ayam goreng

-Makanan China cepat saji

-Mozzarella Sticks

-Makanan tinggi gula

Selain mampu meningkatkan kadar gula dalam darah, makanan yang mengandung gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan berdampak pada penurunan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri, yang merupakan salah satu penyebab jerawat. Selain itu, gula menyebabkan hilangnya elestisitas jaringan dan fungsi. Makanan tinggi gula penyebab jerawat adalah:

-Permen

-Soda dan Soft drink

-Es krim

-Coklat

-Biskuit

-Sereal

-Makanan yang tinggi karbohidrat

Yang terpenting untuk disadari adalah tubuh manausia membutuhkan hanya sejumlah tertentu dari glukosa agar berfungsi dengan baik. ketika anda makan karbohidrat lebih dari yang tubuh butuhkan, maka masalah kesehatan seperti diabetes dan jerawat dapat terwujud. Berikut makanan tinggi karbohidrat yang bisa memicu jerawat:

-Beras putih

-Pasta

-Roti putih

-Omega-6 asam lemak

Kelebihan pada konsumsi omega-6 asam lemak dapat menyebabkan peningkatan kemerahan dan peradangan. Hormon pro-inflamasi ini bermanfaat bagi anda, karena membantu untuk melindungi tubuh anda dari bakteri dan virus, namun terlalu banyak hormon ini bisa mengiritasi jerawat, membuatnya menjadi lebih buruk. Omega-6 asam lemak terdapat pada:

-Ham, Cheeseburger

-Daging babi dan olahannya

-Bacon

-Caffein

Jika anda penggemar kopi, maka anda harus mulai mengontrol kegemaran “ngopi” anda. selain itu, caffein juga terdapat pada coklat,teh(hitam dan hijau), soda, minuman berenergi dan obat-obatan penghilang rasa nyeri. caffein memicu kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon yang berkontribusi pada stress, padahal stress adalah faktor pemicu terjadinya jerawat. Selain itu caffein mengganggu pola tidur anda, sehingga memperburuk jerawat anda.

Produk olahan susu

Studi kesehatan yang dilakukan oleh Harvard University menemukan, remaja yang sering minum susu cenderung memiliki jerawat lebih banyak dibanding mereka yang mengonsumsi susu lebih sedikit. Dokter menyatakan, susu dapat menganggu fungsi hormon. Kemungkinan lain adalah gula dalam susu meningkatkan kadar insulin yang sama efeknya dengan makan karbohidrat. produk olahan susu antara lain adalah:

-Keju

-Yoghurt

Bukan berarti Anda tidak bisa memakan makanan yang sudah disebutkan di atas tadi, tapi sebaiknya bagi Anda yang gampang berjerawat supaya mengurangi konsumsi makanan penyebab jerawat yang telah dipaparkan.

Jika komedo mulai muncul, Anda harus waspada karena komedo bisa berubah menjadi jerawat.
Demikian Artikel tentang Jerawat kali ini.
Semoga bermanfaat. 🙂

Daftar Makanan Pemicu Jerawat
Kembali ke Atas