Cara Membuat Hati Tenang dalam Menghadapi Berbagai Masalah Hidup

Cara Membuat Hati Tenang

Cara membuat hati tenang – Setiap orang pasti menginginkan hatinya senantiasa tenang karena ketenangan hidup merupakan salah satu faktor yang membuat hidup menjadi lebih bahagia. Tanpa memiliki hati yang tenang, mustahil seseorang akan menemukan kebahagiaannya secara mendalam. Namun, memiliki hati yang tenang tentu bukan hal yang mudah karena manusia sangat rentan mengalami berbagai gangguan secara mental, seperti rasa takut, kecewa, marah, dan perasaan negatif lainnya sehingga jauh dari ketenangan hati.

Setiap manusia yang masih hidup tentu tidak terhindar dari berbagai masalah hidup dan bahkan masalah selalu datang silih berganti. Dan masalah hidup inilah yang kemudian mengganggu ketenangan hati. Bagi hamba Allah yang beriman tentu tidak akan pernah menganggap masalah ini menjadi hal yang perlu ditanggapi secara berlebihan. Karena hal itu justru akan menimbulkan stres, depresi, frustrasi, bahkan dapat mengurangi tingkat keimanan dirinya. Untuk itulah, diperlukan cara tepat menghadapi masalah agar hati tetap tenang yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Lalu, apa sajakah cara membuat hati tenang meski kita sedang menghadapi masalah?

Berikut ini beberapa cara membuat hati tenang yang perlu Anda lakukan. Semua cara di bawah ini tentu sesuai dengan tuntunan ajaran agama Islam sehingga selain menjadikan hati tenang dalam menghadapi masalah, juga mampu menjadikan Anda semakin dekat dengan Allah hingga hidup terasa lebih tenang dan bahagia.

Baca juga: Mencari Ketenangan Hati dan Pikiran? Lakukan 6 Hal Ini, dan Temukan!

Cara Membuat hati Tenang

1. Cara membuat hati tenang dengan berdoa

Agar hati menjadi tenang Anda bisa berdoa dengan bacaan doa berikut ini.

  • “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir.” (QS. Al Baqarah : 250).
  • “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridha dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.” (HR. Thabrani).
  • “Ya Allah tenangkanlah hatiku dan jadikanlah aku orang yang memberi petunjuk dan mendapat petunjuk.” (HR. Al-Bukhari)

2. Menjalankan ibadah dan sholat

Ibadah dan sholat sebagai sebuah bentuk ibadah menjadi sarana untuk kita berkomunikasi dengan Allah. Dan melalui ibadah dan doa itu kita bisa mendekatkan diri kepada Allah, dimana dari situ akan memunculkan ketenangan hati dan pikiran. Melalui ibadah dan sholat kita bisa memohon ampunan dari dosa karena dosa itulah yang kadang membuat hati tidak tenang. Kita juga bisa memohon pertolongan sehingga kita tidak akan merasa sendiri karena ada Allah beserta kita dan menolong kita.

Hal ini selaras dengan ayat Alqur-an berikut ini: “Hanya kepada-Mu lah kami menyembah, dan hanya kepada-Mu lah kami meminta pertolongan.” (Q.S. Al-Fatihah : 5).

3. Membaca, Memahami, Dan Mengamalkan Alqur’an.

Dengan membaca, memahami dan mengamalkan Al-qur’an siapapun akan mendapatkan nilai-nilai luhur dan kebaikan serta kebenaran. Namun untuk mengamalkan isi Al-Qur’an memang tidak mudah, dan siapapun yang bisa mengaplikasikan isi dan kandungan Al-Quar’an dengan baik akan diliputi ketenangan dan kebahagiaan dalam hidupnya.

Sebagaimana dijelaskan dalam ayat Al-qur’an berikut: “Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpin pun.” (Q. S. Az Zumar : 23).

4. Berdzikir

Cara Membuat Hati Tenang

Dzikir adalah cara seorang hamba mendekatkan diri kepada sang Maha kuasa. Dan dengan Dzikir hati akan menjadi tenang.

Hal ini sesuai dengan ayat alqur’an berikut: “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram.” (Q. S Ar-Ra’du : 28).

5. Menjalin Tali Silaturahim

Sungguh banyak manfaat dari silaturahim, selain meluaskan rezeki, memperpanjang umur dan juga bisa memberikan ketenangan hati bagi melakukannya. Banyak bersilaturahim otomatis menghubungkan diri dengan energi kebaikan karena bertemu dengan banyak orang, banyak doa terlantun, ucapan keselamatan dan keberkahan dan hal ini sangat efektif dijadikan sebagai cara membuat hati tenang dan damai serta sarana menemukan kebahagiaan.

Mengenai silaturahim ini dijelaskan dalam sebuah hadits sebagai berikut: “Barangsiapa menjamin untukku satu perkara, aku jamin untuknya empat perkara. Hendaklah dia bersilaturahim (menjalinkan hubungan baik) nescaya keluarganya akan mencintainya, diperluas baginya rezeki, ditambah umurnya dan Allah SWT memasukkan ke dalam surga.”(HR. Ar-Rabii).

6. Bersyukur Kepada Allah

Dengan Bersyukur akan membuat nikmat semakin bertambah. Selain itu melantunkan rasa syukur kepada Allah baik dengan lisan dalam bentuk ucapan alhamdulillah, atau dengan tindakan nyata akan melahirkan ketenangan.

Hal ini sesuai dengan ayat Al-Qur’an berikut ini: “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah, 2 : 152).

“Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS. Ali ‘Imran, 3 : 145).

Baca juga: Kumpulan Doa Penenang Hati dan Pikiran Saat Ditimpa Kemalangan

*******

Beberapa cara membuat hati tenang dalam hidup sebagaimana di jelaskan diatas bisa langsung Anda praktekkan. Namun apabila beberapa point atau bahkan semua point diatas sudah Anda praktekkan namun hati Anda masih tidak tenang selalu was-was, resah gelisah bahkan pada ahirnya menimbulkan gangguan seperti penyakit, maka Anda harus melakukan cara yang lain. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan Bioenergi sebagai cara membuat hati tenang meski Anda sedang dilanda banyak masalah dalam hidup.

Melalui Bioenergi yang memiliki kecerdasannya sendiri Anda mampu mengupayakan ketenangan dalam hidup melalui keselarasan hati dan pikiran. Proses itu akan didahului dengan pembersihan diri dari limbah energi negatif, dimana dengan menetralisir energi negatif seperti perasaan marah, sedih, takut, kecewa, dan sebagainya hati akan lebih tenang. Proses pembersihan tersebut bisa Anda dapatkan melalui proses Bioenergi Brain Adjustment.

Dan proses itu bisa Anda dapatkan ketika Anda mengikuti program pelatihan di Bioenergi Center, atau saat minum Kapsul Bioenergi. Dimana selain memberikan Anda pembersihan dari energi negatif, Melalui Kapsul Bioenergi Anda juga bisa mendapat peningkatan kualitas energi sesuai kualitas kapsul yang Anda minum. Karena dalam setiap butir Kapsul Bioenergi mengandung energi bioelektromagnetik yang berbeda tingkatan dan frekuensinya. Peningkatan kualitas energi itu yang akan membuat Anda lebih tenang dalam hidup, cepat menemukan solusi dari masalah yang Anda hadapi dan bisa mewujudkan harapan keinginan dengan mudah.

Baca juga: Cara Mengatasi masalahdan mewujudkanharapan dengan mudah dan cepat

Cara Membuat Hati Tenang dalam Menghadapi Berbagai Masalah Hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas