7 Makanan yang memperlambat penuaan

Anda pasti sudah tahu kalau sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli wajib dimakan setiap hari. Begitu juga dengan ikan salmon, tuna, dan sarden untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3. Namun untuk memperlambat penuaan? Coba konsumsi makanan seperti yang dilansir dari US News berikut ini.

Telur
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang sarapan telur mengurangi risiko inflamasi penyebab penyakit kronis dan penuaan dini. Namun ingat, penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung sebaiknya membatasi konsumsi dari kuning telur.

Kopi
Menurut para ahli dari Mayo Clinic, beberapa orang yang minum kopi memang mengalami masalah dengan jantungnya. Tetapi kopi ternyata juga kaya akan antioksidan dan merupakan agen anti kanker. Minum kopi pun dibuktikan dalam penelitian mampu menurunkan risiko kerusakan otak.

Sereal
Kaya serat dan menu sarapan yang lezat, itulah sereal. Selain baik bagi pencernaan, sereal juga merupakan makanan yang bisa membantu Anda mengontrol berat badan. Seluruh khasiat tersebut pun bisa disimpulkan bahwa sereal termasuk salah satu makanan yang memperlambat penuaan.

Minyak zaitun
Ganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun demi meningkatkan asupan kolesterol baik dan membunuh kolesterol jahat. Kandungan antioksidan di dalamnya pun membantu otak tetap cemerlang dan menghindarkan Anda dari risiko penyakit kronis seperti Alzheimer.

Tomat
Tomat adalah sumber terbaik dari lycopene, antioksidan yang melindungi Anda dari risiko penyakit jantung dan osteoporosis. Beberapa penelitian juga menyebutkan lycopene ampuh mencegah serangan penyakit kanker. Terakhir, beta-carotene dalam tomat adalah nutrisi terbaik untuk mencegah keriput karena keampuhannya melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang jahat.

Daging
Kaya protein dan zat besi, ciri utama dari daging. Zinc, vitamin B, vitamin E, dan antioksidan lain adalah kandungan lain yang bisa ditemukan dalam daging. Pilih yang bebas lemak agar Anda bisa mendapatkan asupan maksimal dari daging yang menyehatkan.

Wine
Terakhir, ada wine yang juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik jika diminum. Phytochemical dalam wine seperti flavonoid dan resveratrol adalah antioksidan yang memerangi radikal bebas sehingga membuat Anda tampak awet muda jika rajin mengonsumsinya.

Itulah berbagai makanan yang memperlambat penuaan. Konsumsi saja secukupnya untuk mendapatkan manfaat dari makanan menyehatkan tersebut. [mdk]

 

7 Makanan yang memperlambat penuaan
Kembali ke Atas