Kapsul Bioenergi :: Membantu Mengatasi Masalah Hidup Anda

Home kapsul bioenergi Artikel Kapsul Bioenergi Zat Adiktif dan Psikotropika – Perbedaan, Jenis Serta Bahayanya

Zat adiktif dan psikotropika

Zat adiktif dan psikotropika – Istilah zat adiktif dan psikotropika tentu sudah kerap didengar masyatarat luas. Dan umumnya dikenal sebagai zat berbahaya yang terkandung dalam narkoba. Zat adiktif dan psikotropika sebenarnya merupakan dua zat yang berbeda. Meski sama-sama sebagai zat yang membahayakan kesehatan para pemakainnya jika digunakan secara berlebihan. Zat adiktif adalah zat yang berupa narkotika (zat ataupun obat yang berasal dari tanaman) atau bukan tanaman, sedangkan psikotropika adalah zat atau obat yang bukan narkotika. Namun, penyalahgunaan kedua zat tersebut sama-sama dapat menimbulkan ketergantungan fisik maupun psikis. Zat adiktif dan psikotropika memiliki pengertian berbeda namun sama-sama memberikan efek yang berbahaya pada pemakainan yang tidak pada tempatnya.

Zat adiktif dan psikotropika ini sebenarrnya memiliki manfaat bagi dunia medis. Namun seiring dengan perkembangan zaman beberapa zat adiktif dan psikotropika ini disalahgunakan pemanfaatannya. Akhirnya berdampak buruk pada kondisi kesehatan fisik maupun psikis bagi para pecandunya. Zat adiktif dan psikotropika ini tentu memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut dapat terlihat dari jenis dan efek samping yang ditimbulkannya jika digunakan secara berlebihan apalagi bersifat ketergantungan.

Baca juga: Kapsul Bioenergi Membantu Mengatasi Masalah Anda

Berikut ini beberapa perbedaan antara zat adiktif dan psikotropika yang terlihat dari berbagai jenis dan akibat penyalahgunaannya yang perlu Anda perhatikan. Semoga bermanfaat.

Berbagai hal berkaitan dengan Zat adiktif dan psikotropika 

Perbedaan zat adiktif dan psikotropika menurut pengertiannya

  • Zat adiktif adalah narkotika (zat ataupun obat yang berasal dari tanaman) atau bukan tanaman. Baik sintetik maupun semisintetik yang dapat menyebabkan penurunan ataupun perubahan kesadaran. Juga bisa mengurangi ataupun menghilangkan rasa sakit, dan dapat juga menimbulkan ketergantungan.
  • Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah ataupun sintetik. Bukan narkotika dan berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental ataupun perilaku seseorang.

Baca juga: Doa Mohon Kesembuhan dari Allah Menurut Alquran dan Para Nabi

Perbedaan zat adiktif dan psikotropika menurut jenisnya

Jenis-jenis zat adiktif:

  • Ganja

merupakan zat adiktif dari golongan kanabionid yang terbuat daru daunm bunga, biji, dan ranting muda tanaman matiyuana.

  • Opium

merupakan zat adiktif dari golongan opioda, disebut juga dengan istilah morfin, heroin, dan putauw. Opium diambil dari getah buah pavaper sommiverum.

  • Kokain

merupakan zat adiktif yang diperoleh dari hasil ekstraksi daun tanaman koka.

Jenis-jenis zat psikotropika:

  • LSD (Lysergic Acid Diethylamide)

merupakan zat psikotroika yang menimbulkan halusinasi.

  • Amfetamin

merupakan zat psikotropika yang menghasilkan bentuk sintesis berupa ektasi dan shabu.

Perbedaan zat adiktif dan psikotropika dari akibat penyalahgunaannya

Akibat penyalahgunaan zat adiktif:

  • ganja: pengendalian diri menurun, mengantuk tapi sulit tidur, mata merah, daya pikir menurun, gembira dan tertawa tanpa sebab, dan sebagainya.
  • opium: rasa sakit hilang, berat badan turun drastis, selalu merasa kedinginan, menyebabkan kematian.
  • kokain: denyut jantung kecang, mual dan muntah, demam, perut nyeri, suka membuat kegaduhan, mudah gelisah, suka berbicara tanpa sebab, dapat menyebabkan kematian.

Akibat penyalahgunaan zat psikotropika:

  • LSD: timbul halusinasi, menimbulkan depresi ataupun frustrasi.
  • amfetamin: selalu bergembira secara berlebihan, nafas cepat, tekanan darah menurun, nafsu makan hilang, tidak mudah lelah, apatis, mudha tersinggung, dapat menyebabkan kematian.

Baca juga: 5 Doa Untuk Menyembuhkan Penyakit Diri Sendiri Secara Islami

Demikian beberapa jenis zat adiktif dan psikotropika beserta dampak buruk bagi kesehatan fisik maupun psikis yang dapat dialami oleh para pecandunya. Jika saat ini Anda atau orang-orang terdekat Anda sedang mengalami masalah pada ketergantungan zat-zat berbahaya tersebut dan ingin segera terbebas dari jeratan zat tersebut maka sebaiknya Anda mencoba cara efektif, alami, dan halal untuk mengatasi sifat candu, yaitu dengan mengonsumsi Kapsul Bioenergi dari Bioenergi Center. Dengan mengonsumsi  kapsul bioenergi ini sebanyak satu kali saja, diharapkan kondisi kesehatan Anda akan segera dipulihkan dari dampak buruk ketergantungan zat adiktif dan psikotropika. Dengan begitu, hidup Anda akan segera dipulihkan menjadi lebih sehat, tenang, dan bahagia terbebas dari jeratan zat-zat berbahaya yang merugikan diri sendiri maupun orang lain ini.

Baca juga: Cara Menyembuhkan berbagai penyakit secara alami, hidup sehat, sukses sejahtera

SHARE: