Tips Keluarga Harmonis: Bahagia Lahir dan Batin

Tips Keluarga Harmonis

Tips Keluarga Harmonis – Keluarga harmonis adalah dambaan setiap orang. Semua ini bisa diciptakan, jika suami isteri memahami hak dan kewajiban masing-masing. Berbagai persoalan seringkali menjadi gesekan yang mempengaruhi kondisi rumah tangga, namun hal ini tak akan memicu keretakan hubungan rumah tangga ketika pasangan bisa saling mengerti dan saling memahami. Komunikasi yang terjalin bagus juga akan mampu meningkatkan kualitas hubungan. Apalagi dengan memahami tips keluarga harmonis yang sesuai dengan kondisi keadaan rumah tangga, maka akan bisa memberikan inspirasi dan solusi bagi masalah rumah tangga Anda.

Tips Keluarga HarmonisPria dan wanita yang sudah menikah wajib menjaga keharmonisan dan keutuhan rumah tangga dengan cara yang baik tanpa kekerasan. Ikatan kasih sayang yang kuat antar pasangan dan antar sesama anggota keluarga juga sangat menentukan. Dimana ikatan kasih sayang itu bisa terjalin kuat apabila masing-masing pihak mau saling berbagi, baik berbagi perhatian, kepedulian, tolong menolong dan yang terpenting semua pihak paham akan tanggung jawab masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa tips keluarga harmonis untuk membuat keluarga dan rumah tangga yang bahagia. Baik bahagia dan harmonis dengan pasangan kita, maupun harmonis dengan anggota keluarga lainnya.

Baca juga: 8 Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Paling Mustajab

1. Jujur Apa Adanya dan Terbuka Pada Keluarga

Jika masing-masing anggota keluarga memiliki rasa saling memiliki maka kejujuran dan keterbukaan akan mempengaruhi keharmonisan. Harmonis adalah keselarasan. Artinya ada penekanan saling, yaitu saling peduli satu sama lain, dan setiap anggota rumah tangga mampu menjalankan peran dan fuungsi sesuai kodrat dan kemampuannya.

2. Ciptakan Kondisi Yang Menyenangkan

Dengan suasana keluarga yang menyenangkan kebahagiaan akan tercipta. Suasana menyenangkan juga akan menambah semangat hidup, ada yang selalu dirindukan dan membuat anggota keluarga betah dirumah. Dalam arti dengan kondisi yang menyenangkan akan menciptakan keharmonisan yang membuat seluruh anggota keluarga bisa menempatkan keluarga diatas segalanya.

3. Tidak Emosi dan Banyak Menuntut

Tips keluarga harmonis yang ketiga ini adalah menciptakan suasana tenang dan damai, sehingga menciptakan harmoni dan kesadaran masing-masing.

4. Mengutamakan Kebersamaan Keluarga

Sebagai tips keluarga harmonis ke 4 adalah kebersamaan keluarga. Kondisi ini bisa terjadi apabila semua pihak bisa menahan keegoisannya, tidak sibuk sendiri-sendiri dan saling peduli satu sama lain. Intinya kebersamaan bukan yang makan tidak makan asal kumpul, namun kebersamaan itu diwujudkan dari perasaan saling memiliki dan kompak. Tiap keluarga pastinya punya cara yang berbeda-beda dalam mengekspresikannya.

5. Membuat Komitmen Jangka Panjang

Komitmen sangat dibutuhkan dalam tahap awal kita membangun sebuah rumah tangga. Komitmen ini harus dijaga dan menjadi peletakan dasar kemana rumah tangga akan dibawa. Sebagai pemegang komitmen dasar tentu saja orang tua, dalam hal ini suami istri. Sementara anggota keluarga lain, misalnya anak-anak harus di didik dengan komitment yang di break down dari tujuan utama rumah tangga atau keluarga itu mau dibawa.

6. Bijak dan Tegas Dalam Menghadapi Masalah

Untuk tips keenam ini tidak mudah dilakukan. Setiap manusia memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda dan pemikiran yang berbeda dalam menghadapi masalah. Untuk itu banyak faktor yang dapat mempengaruhinya dan membuatnya bijaksana dan tegas. Hal ini juga dipengaruhi karakteristik pribadi masing-masing. Dan jika anggota keluarga utama terutama kepala rumah tangga bisa bijak dan tegas maka masalah akan cepat terselesaikan sehingga tidak menimbulkan dampak bagi anggota keluarga lainnya.

Baca juga: Cerita Rumah Tangga Rasulullah Teladan Keharmonisan & Kebahagiaan

7. Keluarga Yang Soleh dan Memegang Teguh Agama

Untuk tips keluarga harmonis yang satu ini biasanya terbentuk sebagai buah dari penaman karakter dari orang tua. Agama memang hak asasi namun biasanya apa yang di bentuk oleh orang tua kita dahulu akan mempengaruhi kuat dan lemahnya agama yang kita anut.

8. Perhatian Penuh Ke Anak dan Masa Depannya

Memperhatikan Anak adalah dengan cara memenuhi kebutuhannya baik kebutuhan fisik ataupun kebutuhan batinnya. Seperti memenuhi kebutuhan hidupnya, menyiapkan pendidikan terbaik dan memenuhi kebutuhan kasih sayangnya. Sementara untuk memeberikan perhatian ke masa depannya kita bisa mempersiapkan investasi pendidikan anak.

9. Hidup Sederhana dan Tidak Mengejar Harta Semata

Hidup sederhana bukan berarti hidup susah. Tapi hidup yang bersahaja, tidak kekurangan dan tidak berlebihan. namun yang penting aspek pokok kebutuhan hidup terpenuhi.

10. Peka Pada Lingkungan Sekitar dan Hidup Bersosialisasi.

Dalam hidup kita tidak sendiri ada lingkungan keluarga, dan juga lingkungan tempat tinggal dan anggota masyarakat. Dimana kita sebagai mahluk sosial ada kalanya kita membutuhkan orang lain dan dibutuhkan orang lain. Karena itu kita harus aktif bermasyarakat, ikut kegiatan umum di lingkungan, sehingga kita tidak dipandang sebelah mata. Hal ini juga akan membuat kita dan anggota keluarga nyaman. Apalagi apabila kita bisa berperan dalam masyarakat maka akan menambah nilai kita dan pastinya membuat semuanya jadi harmoni.

11. Tidak Membawa Masalah Kantor Ke Rumah

Untuk tips keluarga harmonis yang satu ini membutuhkan komitmen bersama antar pasangan. Adakalanya pada saat-saat-saat tertentu kita harur mengerjakan pekerjaan kantor di rumah. Bahkan tanpa kita sadari masalah yang terjadi dikantor yang melibatkan kita kadang terlontar ke pasangan. Sebetulnya hal yang wajar, dan bisa saja terjadi secara sepontan namun apabila masalah kantor yang kita bawa pulang memberikan dampak ke anggota keluarga harus kita hindari. Terkadang tanpa kita sadari kita membawa kekesalan karena masalah kantor sehingga dampaknya kita jadi mudah marah, sensitif, dan bahkan bisa emosional. Apabila ini terjadi dan anak-anak atau pasangan ikut kena dampaknya maka akan merusak kedamaian dan keharmonisan.

Dampak buruknya akan lebih besar, apalagi sampai melampiaskan masalah aktau kekesalan kita ke anggota keluarga maka suasana rumah akan ikut panas. Bisa menimbulkan salah paham, pertentangan bahkan prahara dalam rumah tangga.

12. Membiasakan Gaya Hidup Sehat Pada Keluarga

Hidup sehat adalah hal yang sangat penting. Namun tanpa pembiasaan dengan pola yang tertanam sedak dini itu sulit dalam prakteknya. Berbeda ketika pola hidup sehat itu sudah menjadi kebiasaan maka anggota keluarga tidak berkeberatan untuk melakukan hal terkait kebersihan dan kesehatan. Dengan hidup sehat dan bersih akan menambah kenyamanan dalam hidup.

Baca juga: 10 Tips Hidup Sehat dan Bahagia Menurut Rahasia Orang Tiongkok

13. Saling Membantu dan Tolong Menolong

Kehidupan rumah tangga ibaratnya sebuah team yang mana masing-masing punya peran, hak dan tanggung jawab masing-masing. Meski begitu tidak bisa masing-masing hanya mengerjakan tanggung jawabnya sendiri saja.sebaiknya satu sama lain saling tolong menolong dan bantu membantu sehingga tercipta team yang kompak, rukun dan akan membuat suanana rumah tangga yang harmonis.

14. Tidak Otoriter dan Mengutamakan Musyawarah

Dalam sebuah rumah tangga ada yang menjadi kepala keluarga, peran itu di pegang oleh suami atau ayah. Sebagai kepala keluarga bisanya juga sebagai penentu kebijakan. Namun sebaiknya jangan bersikap otoriter. Apalagi dalam mendidik anak-anak. Sebaiknya setiap keputusan besar senantiasa dimusyawahakan minimal dengan anggota keluarga yang dewasa. Dan ketika mengampil keputusan sesuatu yang berkaitan dengan anak, baik pendidikan, fasilitas selalu libatkan anak dan bila perlu diskusikan secara baik-baik. kebiasaan ini akan memberikan dampak saling pengertian dan saling menghormati sehingga berpengaruh pada keharmonisan keluarga.

15. Memilih Lokasi Tempat Tinggal Yang Baik

Jika memang memungkinkan pilihlah lokasi tempat tinggal yang baik. setidaknya yang lingkungannya baik sehingga mampu memberikan pengaruh baik. Baik bagi orang tua maupun anak-anak.

16. Menjalin Ikatan Silaturahmi Keluarga Dengan Baik

Berkaitan dengan tips keluarga harmonis yang ke 16 ini akan menjadi sarana pembentukan karakter dan cara pandang anggota keluarga kepada keluarga yang lain. Mengapa. silaturahim adalah hal mudah dilakukan dan sangat banyak manfaatnya. Dengan banyak bersilaturahim kita bisa tahu berbagai karakteristik orang, berbagai latar belakang orang dan memupuk ikatan persaudaraan. Selain itu dengan bersilaturahim kita bisa memperluas jaringan, baik jaringan persaudaraan, bisnis, dan sebagainya. Bisa juga melalui silaturahim kita akan mendapat banyak ide, inspirasi serta peluang untuk menjadi semakin baik dalam hidup. Membuka pintu rezeki, memperpanjang usia dan membuat hidup akan lebih bahagia.

*******

Demikianlah Tips keluarga harmonis yang dapat kami sampaikan. Semoga tips singkat ini memberikan manfaat bagi kita semua. namun bila semua tips diatas sudah dilakukan namun anda belum mendapat manfaat dan kehidupan rumahtangga tetap kurang harmonis, gunakan tips rumah tangga harmonis yang terakhir. Yaitu dengan Kapsul Bioenergi.

Kapsul Bioenergi merupakan sebutir kapsul yang mengandung energi bioelektromagnetik yang bermanfaat bagi Anda untuk solusi berbagai masalah hidup. Sebagai tips keluarga harmonis, energi yang ada dalam kapsul bioenergi mampu menyelaraskan frekuensi energi suami istri sehingga keduanya akan terhubung secara spiritual untuk menguatkan ikatan kasihsa yang suami istri. Sehingga mereka akan lebih kompak,  konsisten, dan istiqomah dalam mencapai tujuan hidup bersama. Energi yang tinggi yang dimiliki seseorang yang telah minum kapsul bioenergi dan mendapat adjustment juga bisa berpengaruh ke lingkungan dan orang-orang terdekat. Juga memudahkannya terhubung dengan ebnergi pengharapan sehingga mudah mewujudkan harapan keinginan dan mendapat solusi masalah kehidupannya.

Baca juga: Cara afagar harapan keinginan terwujud dengan cepat, lebih sehat, sukses dan sejahtera

Salam Sehat dan Sukses selalu

Bioenergi Center.