Sakit Jantung Sampai Konsultasi ke Kiai, Ternyata Gula Darah Tinggi

Jakarta, Salam, dok saya mau bertanya tentang penyakit ibu saya (tinggi 154, berat 49). Juli, ibu saya melakukan operasi struma dengan tensi dan kondisi jantung yang baik. Namun, setelah operasi badan ibu saya jadi keram atau kaku, bahkan mulai Agustus bertambah dengan kejang-kejang.

Rontgen dan CT-SCAN tidak dapat mendeteksi penyakitnya. Pada akhirnya ibu berobat ke pengobatan alternatif. Kemarin saya bertanya ke kiai (memang terkesan konyol, Dok) tentang penyakit ibu saya. Beliau mengatakan bahwa sebelum operasi, kadar gula ibu saya tinggi.

Kemarin saya langsung memeriksakan kadar gulanya dan memang benar kadar gulanya tinggi dok. Menurut dokter, sebenarnya apa penyakit ibu saya Dok? Terimakasih.

Wiwin (Wanita Lajang 19 Tahun)
wiwinXXX@yahoo.com
Tinggi 155 cm dan Berat 47 kg

Jawaban:

Sebaiknya ibu Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan gejala penyakitnya. Dokter akan memberikan pelayanan dan penyembuhan yang terbaik dengan kondisi ibunda Anda. Jika Anda masih khawatir dengan kondisi jantung ibu Anda, lakukanlah pemeriksaan jantung seperti EKG dan USG jantung.

Mengenai darah tinggi memang patut kita waspadai. Jika darah tinggi maka tentu berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk selalu menjaga kesehatan ibu Anda, mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsinya, setiap hari mengontrol tekanan darah agar selalu berada dalam keadaan normal.

Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg hingga 130/85 mmHg.

Jika masih ada pertanyaan, Anda boleh konsultasi langsung dengan dokter kami dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya. Demikianlah kami sampaikan atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 – 99808123 dan 021 – 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.
(up/vit/health.detik)