cara menghadapi mertua ikut campur urusan rumah tangga

Mertua Ikut Campur Urusan Rumah Tangga? Inilah Cara Menghadapinya!

Mertua ikut campur urusan rumah tangga – Setelah menikah, secara otomatis kita memiliki orangtua baru yaitu mertua. Dalam membangun biduk rumah tangga pun kita juga harus membangun hubungan yang baik dengan orangtua dan keluarga dari pasangan. Meski dianggap hal yang sulit bagi kebanyakan orang, tapi memiliki komunikasi dan hubungan yang baik dengan mertua adalah sebuah kewajiban bagi Anda. Kasus mertua ikut campur urusan rumahtangga menantunya banyak terjadi dan akibatnya mengganggu keharmonisan, karenanya perlu cara untuk menghadapinya.

Tapi bagaimana jika mertua Anda adalah termasuk mertua yang cerewet atau mertua yang ingin mencampuri urusan rumah tangga Anda? Memang memiliki mertua dengan karakter seperti itu cukup menjengkelkan, namun itu bukan berarti Anda harus berseteru atau membangun tembok pembatas dengan mertua, bukan? Berpikirlah secara positif bahwa mertua ikut campur urusan rumah tangga adalah bentuk perhatian dan kasih sayang mertua kepada Anda dan pasangan.

Baca juga: 6 Cara Menghadapi Mertua yang Pilih Kasih

Nah, bagi Anda yang memiliki mertua ikut campur urusan rumah tangga, jangan cemas karena hal tersebut dapat diatasi dengan mudah asalkan Anda mengetahui rahasianya. Berikut ini beberapa siasat menghadapi mertua yang suka mencampuri urusan rumah tangga Anda. Semoga bermanfaat.

Cara menghadapi mertua ikut campur urusan rumah tangga

1. Sabar dan tahan emosi

Hadapi kebiasaan mertua ikut campur urusan rumah tangga dengan sikap sabar dan mampu mengendalikan emosi. Jangan berikan respons negatif pada mertua karena hal ini justru akan membuat suasana makin keruh.

baca juga: 10 Keutamaan Istri yang Sabar dan Ikhlas dalam Rumah Tangga

2. Bangun komunikasi yang baik

Mertua ikut campur urusan rumah tangga bukanlah akhir dari dunia. Janganlah bersikap berlebihan dalam menentang kebiasaan mertua tersebut. Untuk mengendalikan sikap mertua dalam mencampuri urusan rumah tangga, Anda harus membangun komunikasi yang baik. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui alasan sikap mertua dan menyampaikan ketidaknyamanan Anda atas sikap mertua tersebut.

3. Sampaikan kegelisahan pada pasangan

Jika Anda gagal membangun komunikasi yang baik dengan mertua maka Anda bisa menyampaikan ketidaknyamanan atas sikap mertua ikut campur urusan rumah tangga Anda kepada pasangan. Upayakan untuk mencari tahu apa saja yang menjadi kesukaan mertua untuk mencuri perhatiannya.

4. Lakukan hal yang menjadi kesukaan mertua

Cara menghadapi mertua ikut campur urusan rumah tangga yang selanjutnya adalah dengan melakukan berbagai hal yang menjadi kesukaan mertua. Jika mertua Anda menyukai aktivitas memasak maka Anda bisa membantunya memasak atau memberikan resep masakan terbaru untuk mertua. Atau, jika mertua Anda menyukai aktivitas berkebun maka Anda bisa menemaninya menanam bunga atau memberikan tanaman hias.

5. Segera mengatasi masalah rumah tangga

Mertua ikut campur urusan rumah tangga adalah hal wajar ketika rumah tangga Anda tampak berjalan kurang baik karena adanya masalah. Untuk menghindarinya, maka Anda sebaiknya segera menyelesaikan masalah tersebut dengan pasangan dan jangan sampai masalah tersebut diketahui oleh mertua karena akan membuat masalah makin runyam.

Baca juga: Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

6. Selalu berpikir positif

Sikap mertua ikut campur urusan rumah tangga tentu mengganggu kenyamanan Anda. Namun, Anda perlu bersikap positif. Anda bisa mendengarkan nasihat ataupun saran yang diberikan mertua. Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan nasihat tersebut, mungkin juga bermanfaat untuk Anda.

7. Interospeksi diri

Interospeksi diri sangat penting dilakukan untuk menghadapi sikap mertua ikut campur urusan rumah tangga Anda. Apakah selama ini Anda pernah melakukan kesalahan sehingga mertua merasa wajib mencampuri urusan rumah tangga Anda. Jika Anda merasa melakukan kesalahan, jangan ragu untuk meminta maaf dan memperbaiki diri. Sikap positif Anda ini pasti akan menjadi nilai plus Anda, apalagi jika Anda berhasil memperlihatkan kemajuan dan perbaikan diri.

Baca juga: 8 Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Paling Mustajab

Demikian beberapa cara menghadapi mertua ikut campur urusan rumah tangga. Jika Anda sudah mempraktikkan beberapa atau semua tips di atas, namun hubungan Anda dengan mertua masih saja terjalin kurang baik. Karena kebiasaan mertua selalu mencampuri urusan rumah tangga Anda masih saja tidak berkurang maka sebaiknya Anda segera melakukan tips yang terakhir. Yaitu dengan mengonsumsi Kapsul Bioenergi. Kapsul Bioenergi yang Anda minum akan meningkatkan kualitas energi Anda. Sehingga akan memiliki kekuatan hati dan pikiran untuk lebih mudah menghadapi mertua. Termasuk lebih bijak dalam mensikapi mertua. Dengan begitu Anda lebih mampu menciptakan hubungan yang hangat dan harmonis dengan mertua.

Baca juga: Kapsul Bioenergi, solusi masalah hidup Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *