Kapsul Bioenergi :: Membantu Mengatasi Masalah Hidup Anda

Home Artikel Kapsul Bioenergi 5 Keutamaan dan Pahala Hormat Kepada Orang Tua dalam Islam

Hormat Kepada Orang Tua

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedIn

Hormat kepada orang tua – Orang tua adalah orang yang wajib kita harga, hormati, dan cintai sebagai seseorang yang banyak berjasa dalam kehidupan kita, mulai dari mendidik, merawat, dan membesarkan kita tanpa pamrih. Setiap orang tua pasti mengharapkan anak-anaknya akan berbakti kepadanya. Namun, dalam kenyataannya saat ini makin banyak anak yang berbuat buruk kepada orang tuanya. Dan, Allah melarang sikap durhaka anak kepada orang tuanya. Hormat Kepada Orang Tua, berbakti dan memuliakan mereka merupakan kewajiban setiap anak karena ridho Allah adalah ridho orang tua juga.

Allah sendiri memerintahkan kepada kaum muslim untuk selalu menaruh rasa hormat kepada orang tua. Hal ini tampak jelas melalui firman-Nya,  “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (QS. Al-Isra: 23-24).

Baca juga: 7 Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua Setelah Menikah

Dalam ajaran Islam dijelaskan bahwa ada banyak keutamaan dan pahala yang didapatkan oleh seorang anak yang selalu hormat kepada orang tua. Berikut ini beberapa kutipan dalam Alquran maupun hadist yang menggambarkan keutamaan dan pahala anak yang berbakti kepada orang tua.

Hormat Kepada Orang Tua dan Keutamaannya

1. Keutamaan sikap hormat kepada orang tua : Anda telah melakukan amal yang paling utama

  • “Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Pertama shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah” [Hadits Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9]

2. Keutamaan sikap hormat kepada orang tua : Mendapat ridha Allah

  • “Ridha Allah tergantung kepada keridlaan orang tua dan murka Allah tergantung kepada kemurkaan orang tua” [Hadits Riwayat Bukhari dalam Adabul Mufrad (2), Ibnu Hibban (2026-Mawarid-), Tirmidzi (1900), Hakim (4/151-152)]

Baca juga: 101 Cara Beriman Kepada Allah Menurut Islam

3. Keutamaan sikap hormat kepada orang tua : Menghilangkan kesulitan hidup

  • “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada suatu hari tiga orang berjalan, lalu kehujanan. Mereka berteduh pada sebuah gua di kaki sebuah gunung. Ketika mereka ada di dalamnya, tiba-tiba sebuah batu besar runtuh dan menutupi pintu gua. Sebagian mereka berkata pada yang lain, ‘Ingatlah amal terbaik yang pernah kamu lakukan’. Kemudian mereka memohon kepada Allah dan bertawassul melalui amal tersebut, dengan harapan agar Allah menghilangkan kesulitan tersebut. Salah satu diantara mereka berkata, “Ya Allah, sesungguhnya aku mempunyai kedua orang tua yang sudah lanjut usia sedangkan aku mempunyai istri dan anak-anak yang masih kecil.

    Aku mengembala kambing, ketika pulang ke rumah aku selalu memerah susu dan memberikan kepada kedua orang tuaku sebelum orang lain. Suatu hari aku harus berjalan jauh untuk mencari kayu bakar dan mencari nafkah sehingga pulang telah larut malam dan aku dapati kedua orang tuaku sudah tertidur, lalu aku tetap memerah susu sebagaimana sebelumnya. Susu tersebut tetap aku pegang lalu aku mendatangi keduanya namun keduanya masih tertidur pulas.

  • Anak-anakku merengek-rengek menangis untuk meminta susu ini dan aku tidak memberikannya. Aku tidak akan memberikan kepada siapa pun sebelum susu yang aku perah ini kuberikan kepada kedua orang tuaku. Kemudian aku tunggu sampai keduanya bangun. Pagi hari ketika orang tuaku bangun, aku berikan susu ini kepada keduanya. Setelah keduanya minum lalu kuberikan kepada anak-anaku. Ya Allah, seandainya perbuatan ini adalah perbuatan yang baik karena Engkau ya Allah, bukakanlah. “Maka batu yang menutupi pintu gua itupun bergeser” [Hadits Riwayat Bukhari (Fathul Baari 4/449 No. 2272), Muslim (2473) (100) Bab Qishshah Ashabil Ghaar Ats Tsalatsah Wat-Tawasul bi Shalihil A’mal]

Baca juga: 7 Cara Menjernihkan Pikiran di Jalan Allah

4. Keutamaan sikap hormat kepada orang tua : Membuka pintu rezeki dan memperpanjang umur

  • “Barangsiapa yang suka diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi” [Hadits Riwayat Bukhari 7/72, Muslim 2557, Abu Dawud 1693]

5. Keutamaan sikap hormat kepada orang tua : Masuk surga

  • “Barang siapa yang menjalani pagi harinya dalam keridhaan orang tuanya, maka baginya dibukakan dua pintu menuju surga. Barang siapa yang menjalani sore keridhaan orang tuanya, maka baginya dibukakan dua pintu menuju surga. Dan barang siapa menjalani pagi harinya dalam kemurkaan orangtuanya, maka baginya dibukakan dua pintu menuju neraka. Dan barang siapa menjalani sore harinya dalam kemurkaan orang tuanya, maka baginya dibukakan dua pintu menuju neraka ”.(HR. Darul Qutni dan Baihaqi)

Baca juga: 4 Cara Mensyukuri Nikmat Allah Agar Hidup Lebih Berkah

Demikian beberapa keutamaan dan pahala yang diberikan Allah kepada anak yang selalu hormat kepada orang tua. Jika Anda ingin memiliki anak yang berbakti kepada orang tua maka Anda sebaiknya Anda selalu mendoakannya agar Allah senantiasa menjaga keimanan dan ketaqwaannya agar ia selalu hormat kepada orang tua. Selain itu, Anda juga bisa memberikannya Kapsul Bioenergi dari Bioenergi Center untuk ia konsumsi agar aura dan energi positif anak semakin terbuka. Sehingga ia menjadi anak yang berbakti, menyenangkan, dan membanggakan hati orang tua membuka pintu rezeki dan meningkatkan enrgi spiritualnya..

Baca juga: Cara agar harapan mudah trwujud, hidup tenang dan dekat dengan Tuhan

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedIn
Translate »