Kendalikan Perut Anda

      Comments Off on Kendalikan Perut Anda

“Orang Gemuk ! Hati-hati!”   Yup…bagi orang gemuk perlu diberi peringatan dengan serius agar waspada terhadap bahaya diabetes. Karena orang gemuk adalah salah satu orang yang bepotensi akan menjadi pengidap diabetes dimasa depan.

Memang tidak selamanya orang gemuk akan menjadi penderita diabetes. Tapi, menurut penelitian setidaknya dua dari lima orang gemuk berpotemsi akan menderita diabetes dimasa depan. Kalaupun tidak menderita penyakit diabetes, orang gemuk harus awas dan waspada terhadap penyakit-penyakit lainnya. Seperti darah tinggi dan darah rendah yang kedua-duanya berpotensi untuk mengakibatkan struk (badan mati sebelah atau lumpuh sebelah). Atau juga berpotensi untuk menjadi pengidap sakit ginjal atau sakit lever (sakit hati). Semua sakit yang berat-berat, yang akan menguras isi kantong penderitanya bertahun-tahun.

Karena itu janganlah gemuk!  Ya…memang tidak ada gunanya menjadi orang gemuk. Orang gemuk bukanlah lambang kemakmuran. Atau lambang sebagai ‘Big Bos’, melainkan lambang sebagai dari ‘gudang penyakit’.

Karena itu orang gemuk, haruslah berusaha untuk mencapai berat badan ideal. Kuncinya adalah berolah raga yang teratur, makanlah secukupnya, jangan makan berlebihan. Jangan makan melebihi kebutuhan tubuh. Cara terbaik mengatur isi perut yang sehat itu dengan membagi perut menjadi tiga bagian, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk udara.

Kita juga diajarkan untuk tidak makan sebelum lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Jika kita memiliki makanan berlebih, akan jauh lebih baik jika berbagi dengan sesama, masih banyak orang yang kurang beruntung dan kekurangan makanan di luaran sana. Dengan kata lain jangan rakus!