Sup Hangat Alternatif untuk Atasi Flu

Musim hujan biasanya diiringi dengan datangnya penyebaran penyakit influenza. Meski cukup banyak tersedia obat flu di pasaran, tetapi penelitian mengindikasikan ada beberapa makanan yang bisa mengurangi durasi gejala flu.

Sebagian besar dari makanan tersebut sudah dipakai secara temurun sebagai makanan yang banyak dihidangkan saat musim flu. Salah satunya adalah sup ayam.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Therapeutics, diketahui adanya kandungan karnosin dalam sup ayam. Karnosin ternyata mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus flu.

Penelitian tersebut berangkat dari riset Dr.Stephen Rennard yang menemukan bahwa sup ayam bisa menghambat respon neutrophils, jenis sel darah putih yang melindungi tubuh melindungi tubuh melawan infeksi. Penghambatan respon tersebut akan mengurangi gejala-gejala infeksi saluran pernapasan atas.

Sup ayam biasanya terdiri dari wortel, bawang putih, potongan daging ayam, merica, garam, kentang, lobak, serta daun seledri.

Sebuah studi yang dilakukan di Miami meneliti efek dari air dingin, air hangat, dan sup ayam terhadap aliran udara dan mukus. Penelitian dilakukan terhadap 15 partisipan. Hasilnya, sup akan meningkatkan fungsi silia, rambut di lubang hidung dan mencegah zat berbahaya memasuki tubuh.  Selain sup, air panas dalam secangkir teh juga meningkatkan pergerakan lendir hidung dan membersihkan saluran napas serta mengurangi risiko hidung tersumbat.

Dari berbagai penelitian itu bisa disimpulkan berbagai komponen dalam semangkuk sup ayam bekerja bersama melawan infeksi. Vitamin C, vitamin A, karotenoid, vitamin E, dan juga zinc yang terdapat dalam sayuran pelengkap sup ayam diketahui akan meningkatkan kekebalan tubuh.

Penelitian juga mengungkapkan nutrisi yang berada dalam bentuk cairan lebih mudah diserap tubuh dibanding jika dikonsumsi dalam bentuk padat.

Selain sup, makanan lain yang memiliki khasiat serupa antara lain jeruk nipis, kiwi, minuman teh hangat, ubi, serta probiotik. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi probiotik mengalami penurunan gejala flu sampai 34 persen dan sakit mereka sembuh dalam waktu dua hari. [healt.kompas]