Kapsul Bioenergi :: Membantu Mengatasi Masalah Hidup Anda

Home kapsul bioenergi Artikel Kapsul Bioenergi Ciri teman yang baik menurut Islam | Kapsul Bioenergi

ciri teman yang baik

Ciri teman yang baik – Manusia adalah makhluk sosial yang selama hidupnya selalu berdampingan dengan orang lain. Sebagai umat muslim hendaknya dapat menjalin pergaulan atau pertemanan dengan siapa pun karena agama Islam sangat membenci permusuhan. Namun, dalam hal ini ada pedoman hidup dalam syariat Islam yang memberikan petunjuk atau batasan dalam melakukan pertemanan. Ciri teman yang baik : dia ada di saat kita jatuh dan selalu ada meski orang lain menjauhi kita, mau mengingatkan saat kita salah dan mensuport untuk berbuat baik.

Dalam sebuah hadits dijelaskan beberapa dalil yang mengatakan bahwa pentingnya memilih teman dan menjalin pertemanan.

“Seseorang itu tergantung agama temannya. Maka hendaknya salah seorang dari kalian melihat siapa temannya.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

“Maukah aku tunjukkan pada kalian tentang sesuatu yang derajatnya lebih utama daripada sholat, puasa, sedekah?” Para sahabat: “Mau, wahai Rasulullah!”. Rasululluah: “perbaiki pergaulan, karena rusaknya hubungan baik berarti mencukur, aku tidak mengatakan mencukur rambut, tapi mencukur AGAMA” (HR At-Tirmidzi)

Baca juga: Kumpulan Nasehat Islami Penyejuk Hati Dari Hadits – Kapsul Bioenergi

Dalam dalil inilah tersirat untuk selalu bersikap bijak dalam memilih teman yang baik dalam menjalin hubungan pertemanan. Bahkan, agama Islam secara lengkap memberikan petunjuk bagi umat muslim beberapa ciri-ciri teman yang baik dan layak dijadikan sahabat. Lalu, apa sajakah ciri – ciri teman yang baik menurut Islam?

Berikut ini beberapa ciri teman yang baik sesuai petunjuk agama Islam. Bahkan, ciri-ciri ini juga berlaku dalam memilih teman hidup atau jodoh sejati Anda. Semoga bermanfaat.

Ciri teman yang baik menurut Islam

1. Ciri teman yang baik : Beriman kepada Allah

  • “Janganlah kamu bersahabat kecuali dengan orang mukmin yang bertaqwa”. Dalam hadits lain ditegaskan, “Jangan berteman, kecuali dengan orang mukmin, dan jangan memakan makananmu kecuali orang yang bertakwa.” (HR. Ahmad)
  • “Seorang mukmin itu tidak punya siasat untuk kejahatan dan selalu (berakhlak) mulia, sedang orang yang fajir (tukang maksiat) adalah orang yang bersiasat untuk kejahatan dan buruk akhlaknya.” (HR. Tirmidzi).

Baca juga: Sabar dalam menghadapi cobaan hidup & Keutamaannya menurut Al-Quran

2. Ciri teman yang baik : Memberikan kebaikan

  • “Jangan sepelekan kebaikan sekecil apa pun, meski hanya dengan menjumpai saudaramu dengan wajah berseri-seri.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)
  • “Sahabat terbaik di mata Allah adalah yang paling baik kepada sahabatnya, begitu juga tetangga terbaik.” (Ahmad, Darimi, Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hubban)

3. Ciri teman yang baik : Memberikan semangat dan kebahagiaan

  • “Saling berjabat tanganlah kalian, niscaya akan hilang kedengkian. Saling memberi hadiah lah kalian, niscaya kalian saling mencintai dan hilang (dari kalian) kebencian.” (HR. Imam Malik).

4. Ciri teman yang baik : Sanggup menjaga rahasia

  • “Nabi Saw merahasiakan kepadaku suatu rahasia. Saya tidak menceritakan tentang rahasia itu kepada seorang pun setelah beliau (wafat). Ummu Sulaim pernah menanyakannya, tetapi aku tidak memberitahukannya” (HR. Al-Bukhari).

5. Ciri teman yang baik : Sabar

  • “Jika ingin mencari teman, ujilah dia dengan membuatnya marah. Jika dia tidak sabar dengan sikapmu itu, jauhilah ia.” (Luqman al-Hakim)

Baca juga: Sabar dalam menghadapi cobaan hidup & Keutamaannya menurut Al-Quran

6. Ciri teman yang baik : Penuh kasih dan sayang

  • “Tidak ada nikmat yang lebih besar dari seorang saudara yang shalih yang Allah berikan kepada seorang hamba setelah Agama Islam. Bila salah seorang kalian mendapat kasih sayang dari saudara/kawannya, peganglah erat-erat persahabatan tersebut.” (Umar bin al-Khattab)

Demikian beberapa ciri teman yang baik menurut petunjuk ajaran Islam. Jika Anda ingin menjadi seorang teman yang baik dan dapat menemukan teman yang baik maka Anda perlu segera memperbaiki kualitas diri. Semua itu agar layak mendapat teman atau dijadikan teman yang berkualitas oleh orang-orang di sekitar Anda. Upaya meningkatkan kualitas diri ini dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi Kapsul Bienergi. Kapsul Bioenergi dari Bioenergi Center ini bermanfaat untuk meningatkan aura atau energi positif dari dalam diri Anda. Sehingga Anda memiliki daya tarik alamiah yang akan menjadikan Anda pribadi yang disukai baik temen bahkan di segani lawan. Kapsul Bioenergi ini juga meningkatkan kualitas energi personal agar Anda tampil menjadi pribadi yang lebih baik lagi, lebih semangat, percaya diri, bahagia, optimis. Dengan memiliki sikap-sikap positif ini maka akan mempermudah Anda dalam mendapatkan teman atau jodoh sejati Anda.

Baca juga: Cara Mewujudkan harapan keinginan dengan cepat, sehat, sukses, sejahtera

 

SHARE: