Kapsul Bioenergi :: Membantu Mengatasi Masalah Hidup Anda

Home kapsul bioenergi Artikel Kapsul Bioenergi 9 Cara Menyikapi Masalah Secara Bijak Menurut Islam

cara menyikapi masalah

Cara menyikapi masalah – Masalah hidup tidak dapat terelakkan dalam kehidupan manusia. Dan, merupakan hal yang wajar jika kita hidup dengan mengalami beberapa masalah. Untuk itu, sebaiknya masalah kita respon dengan tidak berlebihan. Setiap orang punya cara tersendiri dalam menyikapi masalah. Ada yang ingin secepat mungkin mendapat solusi dan bahkan bisa menghalalkan segara cara. Ada juga yang suka mernunda menyelesaikan masalah sehingga masalah semakin besar tanpa ada jalan keluar. Untuk itu diperlukan cara menyikapi masalah yang cerdas dan solutif sehingga masalah cepat teratasi tanpa meninggalkan masalah baru dan cepat mendapat hikmahnya.

Dalam ajaran Islam, Allah memperbolehkan masalah dialami oleh hamba-Nya yang tertuang dalam firman-Nya, “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan ‘Inna lillaahi wa innaa ilaihi roji’uun’. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk ”. (QS. Al-Baqarah : 155-157). Dalam ayat tersebut juga telah disebutkan cara menyikapi masalah, salah satunya dengan cara bersabar.

Baca juga: Solusi Mengatasi Masalah Secara Ilmiah, Alamiah & Ilahiah

Tahukah Anda jika ajaran Islam mengajarkan beberapa cara menyikapi masalah dengan bijak selain dengan bersabar. Berikut ini beberapa cara mengatasi masalah hidup dalam ajaran Islam yang perlu Anda ketahui.

Cara menyikapi masalah secara bijak menurut Islam

1. Cara menyikapi masalah : Selalu bersabar

  • “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 153).
  • “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.” (QS. Thaha [20]: 132)
  • “Maka hanya bersabar itulah yang terbaik (buatku). Dan kepada Allah saja memohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu ceritakan.” (Yusuf [12]:18)

2. Cara menyikapi masalah : Selalu bersyukur

  • ”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kamu akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmatku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Qs Ibrahim: 7)
  • “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku dan jangan kamu mengingkari nikmatku.” (Qs Al Baqarah (2):152)

Baca juga: Mencari Ketenangan Hati dan Pikiran? Lakukan 6 Hal Ini, dan Temukan!

3. Cara menyikapi masalah : Selalu berpikir positif : Meyakini di balik kesusahan pasti ada kemudahan

  • “Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan” (Q.S Asy-Syarh 5-6)

4. Cara menyikapi masalah : Tetap bersikap tenang

  • “Bila engkau hadapi satu perkara, maka pelan-pelanlah (tenanglah), sampai Allah bakal memberikan kepadamu jalan keluarnya.” (HR Bukhari)

5. Cara menyikapi masalah : Selalu bertaqwa kepada Allah

  • “Barang siapa bertakwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3)

6. Cara menyikapi masalah : Tidak berburuk sangka kepada Allah

  • “Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al-Baqarah: 286)

7. Cara menyikapi masalah : Memiliki niat dan tekad mengubah diri sendiri ke arah yang lebih baik

  • “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’d:11)

8. Cara menyikapi masalah : Hadapi masalah dengan senyum

  • “Senyummu di hadapan saudaramu adalah sedekah.” (HR. Tirmidzi)

9. Cara menyikapi masalah : Meyakini ada hikmah dalam setiap masalah

  • “Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui.” (Q.S Al-Baqarah : 216)

Baca juga: Kumpulan Doa Penenang Hati dan Pikiran Saat Ditimpa Kemalangan

Demikian beberapa cara menyikapi masalah hidup dengan bijak seturut ajaran Islam. Seiring dengan melakukan semua cara di atas, Anda juga bisa meningkatkan kualitas diri Anda untuk bisa mengatasi masalah hidup secara halal dengan mengonsumsi Kapsul Bioenergi dari Bioenergi Center. Kapsul Bioenergi bermanfaat untuk meningkatkan frekuensi energi dan membersihkan energi negatif. Sehingga hati dan pikiran akan selaras, dan seimbang, meningkatkan kepekaan rohani dan membuat Anda lebih bijaksana. Kapsul bioenergi juga akan membantu Anda dalam mengeluarkan aura positif sekaligus mengoptimalkan energi positif dari dalam diri Anda. Sehingga hidup Anda akan menjadi lebih tenang dan bahagia dengan terbebas dari berbagai masalah hidup.

Baca juga: Cara mewujudkan harapan keinginan dengan mudah, lebih sehat, sukses, sejahtera

SHARE: