Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Diri Sendiri

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Mau Tahu Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri ?

Kepercayaan diri merupakan sikap seseorang yang terbentuk atas keyakinan pada dirinya sendiri. Dalam wikipedia dijelaskan bahwa Kepercayaan adalah suatu keadaan psikologis pada saat seseorang menganggap suatu premis benar. Lantas apa pentingnya percaya diri bagi kehidupan seseorang? Percaya diri merupakan sikap mental seseorang yang dipengaruhi berbagai faktor termasuk kondisi psikologis. Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada diri sendiri harus di mulai dari pemahaman diri, kesadaran diri dan kapasitas diri yang dimilikinya sehingga meningkatkan keyakinan.

Sementara itu dalam etheses.uin-malang.ac.id Percaya Diri (Self Confidence) adalah meyakinkan pada kemampuan dan penilaian (judgement) diri sendiri dalam melakukan tugas dan memilih pendekatan yang efektif. Hal ini termasukkepercayaan atas kemampuannya menghadapi lingkungan yang semakin menantang dankepercayaan atas keputusan atau pendapatnya. Sehingga dari devinisi ini cara menumbuhkan rasa percaya diri pada diri sendiri adalah dengan meningkatkan kemampuan mengelola diri.

Praktik pengelolaan diri ini juga dipengaruhi oleh banyak hal. Diantara yang paling menonjol adalah kualitas energi. Sementara itu agar rasa percaya diri bisa tumbuh, berkembang dan terhindar dari krisis kepercayaan diri seseorang harus memiliki keyakinan yang kuat akan kemampuan dan kualitas dirinya. Bisa dengan memperbaiki sikap dan penampilannya, melakukan perubahan menjadilebih baik, menambah pengetahuan dan memperluas wawasan. Namun yang lebih penting dari itu semua adalah kesadaran akan penciptaannya, keberadaannya dan Kehadiran Sang Maha Pencipta dalam Kehidupannya.

Baca juga: 10 Cara Tampil Berwibawa Agar Lebih Sukses & Percaya Diri

Bagaimana Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri?

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Karena kepercayaan diri itu bagian dari sikap mental dan kondisi psikologia maka untuk menumbuhkan rasa percaya diri Kita harus memiliki sikap terbaik. Bisa meneguhkan keyakinan akan keberadaan diri dan memiliki mind set bahwa diri kita adalah pemenang, diri kita berkualitas dan kita kita adalah penting. Dalam tahap awal membangun kepercayaan diri , prinsip keyakinan akan sangat berpengaruh. Kemudian lingkungan pergaulan dan kondisi diri dalam keluarga, lingkungan tempat tinggal, komunitas dan aktifitas harian yang akanmemberi warna dalam pembentukan kareakter diri. Namun pada prinsipnya Cara menumbuhkan rasa percaya diri dalat dilakukan dengan mempraktekkan berbagai hal seperti dilansir dari hellosehat.com berikut ini:

1. Buat daftar kekuatan dan kelemahan Anda terlebih dahulu

Dengan terus mengasah dan menujukkan pada dunia bahwa Anda punya suatu bakat, Anda bisa mendapatkan kepercayaan diri Anda kembali. Tidak perlu pengakuan dari orang banyak, orang-orang terdekat yang menyadari kemampuan Anda juga bisa membuat Anda lebih yakin pada diri sendiri.

Sedangkan kalau Anda sudah menemukan kelemahan diri, jangan berhenti sampai di situ atau hanya meratapinya. Justru Anda harus berjuang untuk mengasah diri supaya kelemahan ini tidak lantas menjadi batu sandungan di kemudian hari.

Misalnya Anda tahu bahwa kelemahan Anda adalah takut mengambil risiko. Untuk mengasah diri, belajarlah untuk mengambil risiko. Mulai dari hal yang kecil dulu seperti mencicipi menu baru di restoran favorit sampai hal besar seperti ikut kursus fotografi atau menjadi pimpinan sebuah proyek di sekolah, kampus, atau di kantor.

2. Berpikir positif

Penting untuk punya pikiran positif sehari-hari. Pikiran yang baik dan positif akan membawa Anda pada tingkat kepercayaan diri yang maksimal. Jauhi pikiran-pikiran negatif atau kecemasan soal komentar orang lain. Usahakan juga untuk berada di dalam lingkungan orang-orang positif yang saling mendukung.

3. Ubah penampilan Anda jadi siapa pun yang Anda inginkan

Terkadang seseorang merasa minder karena tidak bisa mengekspresikan dirinya dengan baik lewat penampilan. Badan yang tidak bersih, bau badan, dan penampilan yang berantakan memang bisa menurunkan kepercayaan diri Anda. Maka dari itu, untuk membangun kepercayaan diri yang maksimal, mulailah merawat dan menjaga diri Anda seperti yang Anda inginkan.

Bisa juga selama ini Anda ingin punya model rambut atau gaya berpakaian tertentu, tapi takut dikomentari orang lain. Sesekali, cobalah untuk mengikuti kata hati Anda dan ubah penampilan.

4. Beralih ke pola makan sehat dan berolahraga

Makan makanan yang sehat dan bergizi juga merupakan salah satu cara menunjang rasa percaya diri. Pasalnya, banyak orang tidak percaya diri karena bentuk tubuh atau berat badan yang tidak ideal.

Nah, untuk keluar dari masalah tersebut, ini waktunya Anda beralih ke pola hidup yang lebih sehat. Mulailah berolahraga dan makan makanan sehat. Asupan gizi yang seimbang dan pola hidup sehat akan membuat pikiran jadi lebih positif. Hindari berdiam diri di rumah dan hanya meratapi nasib. Hal tersebut tidak akan membuat perubahan apa pun dalam diri Anda.

5. Fokus pada hal-hal yang Anda sukai

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri bisa ditingkatkan dengan menghindari hal yang membuat Anda stres. Anda bisa membangun kepercayaan diri dengan melakukan hal-hal yang Anda suka. Maka, cobalah untuk fokus pada hal-hal yang memang Anda sukai. Tinggalkan pekerjaan yang membuat Anda tidak bahagia dan kejarlah karier yang memang menjadi impian Anda.

6. Coba tersenyum dan ramah pada orang lain

Siapa yang tidak suka diperlakukan dengan baik oleh orang lain? Nah, jika Anda ingin diperlakukan dengan baik, Anda juga harus melakukannya. Cobalah untuk senyum dan menyapa orang-orang di sekitar lingkungan Anda. Senyum dan keramahan yang ikhlas bisa “menular”. Senyuman juga bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri terhadap lingkungan sekitarnya. Senyum membuat seseorang terlihat lebih cantik atau lebih tampan.

Sebuah keramahan akan mendatangkan keakraban dan dalam lingkup luas akan membuka jaringan pertemanan bahkan jaringan relasi. Apalagi jika disertai sikap yang selalu tersenyum disamping mendatangkan pahala bagi Adna yangmelakukannya, juga menebarkanperasaan bahagia bagi yangmendapatkannya.

7. Belajar memaafkan diri sendiri dan orang lain

Setiap orang pernah melakukan kesalahan. Namun, bila Anda terus-terusan menyesali kesalahan dan tidak bisa move on, Anda akan terus dihantui olehnya dan selalu merasa minder. Maka, belajarlah untuk memaafkan diri Anda sendiri atau orang lain yang pernah menyakiti Anda. Dengan begitu, Anda bisa fokus menata masa depan dengan lebih percaya diri. Jangan lupa pula bahwa diri Anda itu subyek utama dan energi yang ada dalam diri ADan akan bekerja mengikuti arah hati dan pikiran.

Baca juga: Manfaat Bioenergi untuk Meningkatkan Percaya Diri

*******

Apabila Anda sudah melakukan beberapa cara atau bahkan semua cara diatas namun Anda masih saja kesulitan dalam menemukan cara meumbuhkan rasa percaya diri pada diri sendiri, Anda bisa menggunakan cara yang praktis yaitu Kapsul Bioenergi. Mengapa Kapsul Bioenergi?

Karena Kapsul Bioenergi ini mengandung energi bioelektromagnetik yang seketika diminum mampu memberikan efek luar biasa . Membersihkan limbah-limbah energi negatif termasuk rasa tidak percaya diri, sering cemas, ragu, sulit mengambil keputusan, banyak masalah, selalu gagal dan sejenisnya. Dimana energi negatif tersebut menghambat berbagai potensi dan bekerjanya energi dalam diri. Dengan pembersihan itu,  hati dan pikiran tenang dan jernih. Kualitas energi juga akanmeningkat sehingga Anda mampu mengorganisasikan diri Anda sendiri dengan baik. Lebih fokus pada tujuan hidup Anda, lebih semangat dan membangun keyakinan untuk sukses.

Dengan peningkatan kualitas energi juga akan meningkatkan potensi dan kualitas diri menjadi lebih baik. Bisa mengendalikan hati dan pikiran serta mampu mengalirkan energi positif dan menarik kebaikan-kebaikan. Anda tidak hanya lebih percaya diri namun juga lebih optimis menghadapi kehidupan, cepat mengatasi masalah dan mewujudkan harapan keinginan dalam hidup. Jadi Kapsul Bioenergi sangat efeftif dijadikan sebagai cara menumbuhkan rasa percaya diri pada diri sendiri dan meningkatkan potensi kesuksesan.

Baca juga: Cara Cepat dan praktis Agar lebih percaya diri dan sukses

SHARE: