cara menjaga hubungan agar tetap harmonis

6 Cara Menjaga Hubungan Agar Tetap Harmonis antara Suami Istri Menurut Rasulullah

Cara menjaga hubungan agar tetap harmonis – Memiliki hubungan suami istri yang harmonis dan romantis tentu menjadi impian setiap pasangan. Namun, dalam kenyataannya memiliki hubungan yang baik dengan pasangan bukan hal yang mudah diwujudkan. Hal ini disebabkan adanya berbagai perbedaan sifat dan kebiasaan. Belum lagi adanya berbagai masalah yang terjadi dalam rumah tangga. Hal ini membuat alur komunikasi antar pasangan tidak berjalan normal. Sehingga sering terjadi pertengkaran dan membuat hubungan menjadi dingin dan hambar. Cara menjaga hubungan agar tetap harmonis harus saling menghormati, menjalankan hak dan kewajiban masing-masing serta memiliki kualitas energi yang seimbang.

Pernikahan adalah janji suci yang diucapkan di hadapan Allah. Untuk itu, setiap pasangan yang sudah menikah wajib menjaga keharmonisan rumah tangga sebagai bentuk tanggung jawab akan janjinya kepada Allah. Agama Islam mengajarkan bahwa sebaiknya setiap suami istri membangun keluarga yang sakinah mawadah warohmah. Rasulullah telah memberikan teladan bagaimana cara menjaga hubungan agar tetap harmonis antara suami istri, seperti yang telah dinyatakannya, “Orang terbaik di antara kalian (suami) adalah yang terbaik bagi keluarganya dan akulah di antara kalian yang paling baik terhadap keluargaku, tidak memuliakan wanita kecuali orang yang hina,” (HR Ibnu Asakir dari Ali bin Abi Thalib).

Baca juga: Cerita Keluarga Bahagia Rasulullah : Rahasia Keluarga Harmonis

Bagi Anda yang saat ini tengah mengalami masalah dalam rumah tangga dan hubungan Anda dengan pasangan tidak harmonis, jangan khawatir! Ada beberapa cara menjaga hubungan agar tetap harmonis antara suami istri menurut Rasulullah di bawah ini yang akan membantu Anda. Terutama dalam mewujudkan kembali rumah tangga yang penuh dengan keharmonisan, keromantisan, dan kebahagiaan seperti yang disukai oleh Allah.

Cara menjaga hubungan agar tetap harmonis

1. Cara menjaga hubungan agar tetap harmonis antara suami istri dengan MEMBERIKAN PANGGILAN SAYANG

Aisyah bercerita sebagai berikut, pada suatu hari Rasûlullâh berkata kepadanya,

“Wahai ‘Aisy (panggilan sayang Aisyah) Malaikat Jibril tadi menyampaikan salam buatmu.” (HR Muttafaqun ‘alaihi)

2. Cara menjaga hubungan agar tetap harmonis antara suami istri dengan MANDI BERSAMA

Dalam sebuah riwayat disebutkan, dari Aisyah, ia berkata,

“Aku biasa mandi berdua bersama Rasûlullâh shallallâhu ‘alaihi wa sallam dari satu bejana.” (HR Bukhari).

3. Cara menjaga hubungan agar tetap harmonis antara suami istri dengan MAKAN DAN MINUM DALAM SATU BEJANA

Aisyah menuturkan,

“Suatu ketika aku minum, ketika itu aku sedang haidh, lantas aku memberikan gelasku kepada Rasûlullâh dan beliau meminumnya dari mulut gelas tempat aku minum. Dalam kesempatan lain aku memakan sepotong daging, lantas beliau mengambil potongan daging itu dan memakannya tepat di tempat aku memakannya.” (HR Muslim)

Baca juga: Cerita Rumah Tangga Rasulullah Teladan Keharmonisan & Kebahagiaan

4. Cara menjaga hubungan agar tetap harmonis antara suami istri dengan MENCIUM KENING ISTRI

Diriwayatkan oleh Aisyah bahwa ia berkata,

“Sungguh Rasûlullâh pernah mencium salah seorang istri beliau baru kemudian berangkat menunaikan shalat tanpa memperbaharuhi wudhu.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

5. Cara menjaga hubungan agar tetap harmonis antara suami istri dengan BERIBADAH BERSAMA

  • “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, kamilah yang memberi rezeki kepadamu dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertaqwa.” (QS Thâhâ [20]: 132).
  • “Rasûlullâh shallallâhu alaihi wa sallam biasa mengerjakan shalat malam sementara aku tidur melintang di hadapan beliau. Beliau akan membangunkanku bila hendak mengerjakan shalat witir.” [HR Muttafaqun ‘alaihi].
  • “Semoga Allah merahmati seorang suami yang bangun pada malam hari untuk mengerjakan shalat malam lalu membangunkan istrinya untuk shalat bersama. Bila si istri enggan, ia memercikkan air ke wajah istrinya (supaya bangun). “Semoga Allah Subhanaahu wa Ta’ala merahmati seorang istri yang bangun pada malam hari untuk mengerjakan shalat malam lalu membangunkan suaminya untuk shalat bersama. Bila si suami enggan, ia memercikkan air ke wajah suaminya (supaya bangun).” (HR Ahmad)

6. Cara menjaga hubungan agar tetap harmonis antara suami istri dengan BERSIKAP RAMAH DAN LEMAH LEMBUT

  • Aisyah menceritakan, “Adalah Rasûlullâh ketika bersama istri-istrinya, beliau aadalah manusia lembut dan paling pemurah. Gampang tertawa dan gampang tersenyum.” (HR Ibnu Asakir)
  • Umar bin Khaththab mengatakan, “Sudah selayaknya seorang laki-laki menjadi seperti anak kecil di tengah keluarganya. Bila dia di tengah kaumnya, maka hendaknya dia menjadi seorang laki-laki.”
  • “Janganlah seorang mukmin (suami) membenci seorang mukminah (istri). Jika ia tidak menyukai salah satu akhlaknya, ia pasti ridha kepada akhlaknya yang lain.” (HR Muslim)

Baca juga: Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Demikian beberapa cara menjaga hubungan agar tetap harmonis antara suami istri seperti yang telah diteladankan oleh Rasulullah. Seiring dengan melakukan semua cara di atas, Anda juga sebaiknya tetap mengupayakan untuk memperbaiki karakter pribadi untuk bisa menjadi lebih baik lagi bagi diri sendiri maupun pasangan. Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi Kapsul Bioenergi dari Bioenergi Center. Kapsul Bioenergi ini akan meningkatkan kualitas energi dan apabila di minum oleh suami – istri  maka akan mennyeimbangkan frekuensi energi mereka. Manfaat dari keseimbangan energi suami istri akan meningkatkan keharmonisan, saling menghormati, memiliki konsistensi sama terhadap tujuan hidup. Dengan keseimbangan energi tersebut juga mampu meningkatkan ikatan kasih sayang, kekompakan dan kerjasama baik dalam keluarga, kehidupan bisnis, karir. Sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup. Dengan begitu, Anda dengan pasangan bisa hidup dengan lebih tenang dan bahagia dengan dilandasi rasa cinta dan sayang satu sama lain semakin kuat.

Baca juga: Cara mewujudkan harapan keinginan dengan cepat dan mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *