Cara Mengatasi Masalah Hidup yang Datang Silih Berganti dan Solusinya

Cara Mengatasi Masalah Hidup

Sepanjang kehidupan manusia tidak akan pernah lepas dari masalah. Masalah akan selalu datang silih berganti sepanjang waktu berjalan dan kehidupan masih ada. Setiap diri memiliki tujuan dan harapan dalam hidup yang berbeda-beda. Pemikiran berbeda, cara pandang berbeda, latar belakang berbeda. Dan tak jarang perbedaan-perbedaan ini mengakibatkan gesekan dalam kehidupan sehingga menimbulkan berbagai masalah hidup. Meski begitu setiap ada masalah, kita wajib mencari cara mengatasi masalah hidup yang datang dan menemukan solusi yang tepat.

Solusi yang tepat akan membuat masalah segera teratasi dan tidak menimbulkan masalah baru yang lebih berat dan sulit diatasi. Oleh karena itu kita harus bisa menguatkan hati dan pikiran agar bisa menemukan cara mengatasi masalah hidup yang datang dengan bijak. Berbagai masalah yang datang silih berganti sesungguhnya memberikan kita berbagai hal baru. Adakalanya masalah menjadi ujian namun bisa juga memberi hikmah sehingga kita menjadi semakin kuat dan dewasa dalam mensikapi hidup.

Apapun masalah yang datang, baik yang berat atau ringan, termasuk masalah yang sering muncul harus dihadapi. Apalagi masalah yang datang silih berganti pastinya akan menguras energi. Disininah kualitas diri kita di uji apakah kita bisa mengatasi masalah atau justru semakin terpuruk dalam masalah tersebut. Berikut ini cara mengatasi masalah hidup yang dilansir dari www.tipspengembangandiri.com yang bisa Anda coba!

Baca juga: Solusi Masalah Hidup dengan Kapsul Bioenergi

1. Berserah diri

Cara Mengatasi Masalah Hidup

Entah kapan waktunya dan dalam bentuk apa, masalahg pasti akan ada dan datang menghampiri Anda. Baik karena sebab kesalahan yang Anda lakukan atau sebab lain diluar kuasa Anda. Untuk itu Anda harus bisa mengkondisikan pikiran dan hati untuk bisa menerima masalah yang datang. Dan untuk menemukan cara mengatasi masalah hidup yang menghampiri Anda Anda butuh ketenangan.

Karena itu Anda harus berserah diri dan mendekatkan diri kepada Tuhan, sehingga mampu menemukan solusi dengan tepat. Berserah diri bukan berarti menyerah. Dengan  ketenangan akan membuka hati dan pikiran melihat masalah dari sisi yang positif.

Berserah diri juga bukan bermakna tidak melakukan apa-apa. Namun berserah diri merupakan cara untuk menghubungkan diri dengan pemilik energi tinggi. Dan merupakan sebuah upaya untuk bisa menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Kalau tidak kepada sang maha tinggi, kepada siapa lagi kita akan meminta pertolongan selain kepada Dia yang Maha Besar? yaitu Allah SWT.

2. Temukan Akar Permasalahan

Akan sulit bagi siapapun untuk menemukan cara yang tepat dalam mengatasi masalah hidup jika belum menemukan apa yang menjadi akar permasalahan.

Untuk itu ketahui & pahami dengan baik apa sesungguhnya masalah yang melingkupi hidup Anda. Dengan demikian Anda akan punya arah yang jelas dan tepat dalam menemukan solusinya. Dengan mengetahui akar permasalan secara jelas, Anda bisa mengetahui dengan benar bahwa upaya yang dilakukan sudah berjalan di trek yang benar.

Jangan sampai Anda berjibaku mencari solusi, yang ternyata tidak ada kaitannya dengan masalah yang tengah dihadapi. Cobalah melihat lebih dalam dan menolehlah ke belakang, untuk tahu bagaimana awal mula masalah tersebut bisa muncul. seringkali masalah justru muncul dari hal-hal yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Dan hal-hal yang selama ini Anda pikir baik-baik saja, ternyata justru menjadi pemicu masalah.

3. Tidak Membesar-besarkan Masalah

Cara Mengatasi Masalah Hidup

Ada hal penting yang harus Anda camkan baik-baik saat mencari cara mengatasi masalah hidup, yaitu jangan membesar-besarkan masalah yang ada. Jika masalah yang menghampiri Anda itu masalah biasa, tidak perlu bumbu tambahan sehingga masalah menjadi rumit. Tidak perlu juga maslah digoreng sehingga memanas dan menimbulkan banyak reaksi. Karena hal itu justru akan membuat masalah menjadi buruk.

Siapapun yang suka membesar-besarkan masalah biasanya akan menderita oleh pikiran sendiri. Oleh karena itu Anda perlu memastikan dalam kondisi dihimpit masalahpun hati dan pikiran tetap terkontrol, sehingga tidak membuat hidup Anda menjadi buruk karena pikiran Anda sendiri.

Tapi tidak berarti juga Anda harus mengecilkan masalah, karena malah akan membuat Anda meremehkan persoalan yang harus Anda hadapi. Tempatkan masalah pada tempatnya dan sesuai porsinya agar tidak menjadi beban. Sehingga akan membuat Anda lebih mudah menemukan cara mengatasi masalah hidup yang datang dan mendapat solusi yang tepat.

Baca juga: Kapsul Bioenergi Solusi Masalah Hidup Anda

 4. Lihat masalah dari Sudut Pandang yang Lain

Tidak mustahil, ketika masalah hidup menghampiri, justru Anda hanya terpaku dan terjebak dalam pandangan serta cara berpikir Anda sendiri. Alangkah baiknya Anda keluar dari sudut pandang Anda sekarang dan gunakan sudut pandang yang berbeda. Cara seperti ini akan membuka hati & pikiran Anda dan memberi Anda pemikiran lain bahwa masalah tersebut tidaklah seberat yang Anda pikir.

Sebagai contoh, saat Anda sedang bertengkar dengan pasangan, pasti ada banyak ego yang muncul. Saat itu, masing-masing pihak bersikukuh dengan pemikiran mereka dan msemua akan merasa benar. Dan sebaliknya akan ada saling menyalahkan dan seolah telah berada dalam kebenarannya sendiri. Itulah yang membuat pertengkaran kerap sulit di damaikan.

Saat hati dan pikiran sudah lebih tenang, lihatlah masalah dari sudut pandang orang lain atau bayangkan jika Anda menjadi dirinya yang Anda salahkan. Dari sana Anda bisa menemukan sesuatu yang berbeda. Sesuatu inilah yang harus Anda pahami agar Anda bisa sama-sama menemukan solusi yang paling tepat.

5. Cara Mengatasi Masalah Hidup dengan Berpikir Positif

Anda akan kesulitan dalam menemukan cara mengatasi masalah hidup ketika pikiran Anda masih dipenuhi hal-hal negatif. Apalagi Anda selalu dipenuhi prasangka buruk, maka yang ada Anda hanya akan menemukan jalan yang gelap dan terbentur kesulitan. Anda akan kesulitan menemukan jalan terang yang bisa mengarahkan Anda menemukan jalan solusi untuk keluar dari masalah yang ada.

Memang dalam banyak hal berpikir positif sering menjadi jalan yang harus di lalui, karena berpikir positif akan mengalirkan energi positif serta menarik kebaikan-kebaikan. Jadi dalam kondisi dimana pikiran positif akan membuka berbagai jalan kemudahan termasuk mengalirnya ide dan terbukanya hati menerima masukan, saran dan nasehat yang baik. Sehingga Anda akan lebih mudah menemukan solusi.

 Berpikir positif juga memberikan Anda kekuatan untuk mengendalikan keadaan bahkan mampu membalikan keadaan. Sehingga tidak mustahil Anda justru mampu membuat masalah yang datang menghampiri Anda menjadi berbagai peluang untuk kesuksesan Anda di kemudian hari. Apalagi pikiran positif juga mampu meningkatkan optimisme dan menambah motivasi, sehingga memudahkan Anda menemukan cara mengatasi maslah hidup dan mendapat solusi lebih baik.

6. Berdoa dengan Keyakinan Penuh

Cara Mengatasi Masalah Hidup

Bukan rahasia lagi bahwa doa mampu membuka berbagai keajaiban dalam hidup. Doa mampu mengetuk pintu langit. Karena doa yang disertai keyakinan akan memberikan Anda harapan besar menemukan cara mengatasi masalkah hidup yang Anda alami. Doa menjadi penting karena masalah apapun yang datang kepada kita ada atas izin Allah, dan Allah pula yang memberikan kuasa kepada kita untuk keluar dari masalah.

Berkaitan dengan masalah hidup manusia, bahkan Allah berfirman dalam surah Al-Insyirah: 6-7: Fainnama’al ‘usri yusro.. innama’al ‘usru yusro. Yang artinya
Sesungguhnya bersama dengan kesulitan, ada kemudahan. Bersama dengan kesulitan, ada kemudahan. Dari ayat tersebut kita harus memiliki keyakinan penuh bahwa Allah memberikan kita masalah atau kesulitan beserta solusinya. Kuncinya kita harus berusaha. Dan  salah satu cara nya adalah dengan berdoa memohon kepada Allah agar Allah menunjukkan jalan kemudahan untuk keluar dari masalah hidup kita.

Bahkan berdoa itu sendiri merupakan Anjuran dari Allah, sebagaimana tertuang dalam Alquran surat Almumin : 60, Allah berfirman: “Ud’uni astajib lakum ”. Artinya “Berdoalah padaku,maka niscaya akan kukabulkan”. Disin Allah malah memerintah kepada untuk minta, minta,dan minta apa saja kepada Alloh. Sehingga jika kita sedang berhadapan dengan masalah hidup maka selayaknya kita berdoa untuk meminta petunjuk agar mendapat solusi dengan baik.

7. Evaluasi Diri

Cara mengatasi masalah hidup dengan melakukan evaluasi diri tidak banyak dilakukan orang. Dan memang tidak mudah untuk dilakukan. Karena ntuk melakukannya membutuhkan kesadaran diri dan keiklasan.

Meski begitu hal ini harus dilakukan agar kita bisa melihat lebih dalam berbagai sebab dan alasan yang mengakibatkan masalah datang silih berganti menimpa diri kita. Dengan melakukan evaluasi diri kita akan menemukan banyak hal termasauk kelemahan dan kekutan diri. Sehingga kita biusa memahami potensi diri kita yang sesungguhnya.

Melakukan evaluasi diri juga akan membuat kita tidak menyalahkan orang lain apalagi menyalkahkan tuhan atas masalah yang kita alami. Dan dengan cara ini kita bisa belajar dari pengalaman hidup berharga yaitu maslah dan menjadi bekal agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama untuk keduakalinya.

*******

Tidak mudah menemukan cara mengatasi masalah hidup yang senantiasa datang silih berganti kepada kita. Ketika masalah satu telah selesai dan berlalu, pasti akan datang masalah baru yang bisa jadi secara level lebih sulit dari masalah kita sebelumnya. Atau bisa jadi masalah yang sama pun bisa datang lagi dengan wajah yang berbeda. Karena itu kita harus memiliki kekuatan untuk bisa menghadapi setiap masalah dan mengatasinya dengan baik.

Bagi siapapun yang ingin menemukan cara mengatasi masalah dengan cepat dan mudah, bila sudah mempraktekkan berbagai cara seperti diatas, atau bahkan sudah melakukan berbagai strategi yang lain, namun masalah sulit diatasi, konsultasikan kepada ahlinya. Anda bisa menemukan solusi dengan melakukan konsultasi dengan konsultan yang tepat atau mengikuti program pelatihan yang bermanfaat untuk mengatasi masalah hidup.

Bila Anda sedang mengalami masalah hidup seperti masalah usaha, karir, bisnis, kesehatan, penyakit, masalah rezeki bahkan masalah mental, spiritual dan berbagai masalah hidup lainnya. Anda bisa konsultasikan masalah hidup Anda kepada konsultan solusi bp. Syaiful M. Magsri. Atau mengikuti Pelatihan Bioenergi di Bioenergi Center. Namun bila Anda menginginkan solusi yang praktis dan efektif karena tidak ada waktu untuk mengikuti pelatihan, bisa memesan Kapsul Bioenergi. Kapsul Bioenergi mengandung energi bioelektromagnetik yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas energi. Dimana orang yang memiliki kualitas energi yang bagus mampu mendongkrak energi kehidupannya sehingga lebih cepat dalam mewujudkan harapan keinginan serta mengatasi berbagai masalah dalam hidupnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah dan Mewujudkan Harapan Keinginan dengan Mudah