Kapsul Bioenergi :: Membantu Mengatasi Masalah Hidup Anda

Home kapsul bioenergi Artikel Kapsul Bioenergi Cara Mendidik Anak Usia Dini Dalam Islam

cara mendidik anak usia dini

Cara mendidik anak usia dini – Anak adalah titipan Allah yang menjadi tanggung jawan orang tua. Karena itu, setiap orang tua hendaknya selalu menjaga, merawat, serta mendidik anak-anaknya dengan baik. Namun, dalam kenyataannya masih banyak orang tua yang belum mengetahui bagaimana cara mendidik anak yang baik sehingga akan membuat anak menjadi jauh dari Allah. Hal ini perlu mendapat perhatian dari para orang tua. Cara mendidik anak usia dini secara islami harus dengan pendekatan yang tepat, mengukur pemahaman mereka melalui pendekatan hati, mengenalkan tauhid dan ahlakul karimah.

Orang tua memegang kunci dalam pembentukan akhlak anak hingga kelak menjadi anak yang sholeh atau sholehah. Untuk itu, sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita mendidik anak secara Islam dan ajaran rasul. Di dalam Alquran maupun hadits nabi sudah diatur secara lengkap bagaimana cara mendidik anak usia dini di mana sangat bermanfaat sebagai bekal masa depan yang berharga bagi anak.

Baca juga: Gimana cara bikin anak shaleh sholehah? Ikuti 6 cara ini …

Berikut ini beberapa cara mendidik anak usia dini dalam ajaran agama Islam yang sudah diatur dalam Alquran dan hadits. Cara mendidik anak di bawha ini juga telah ditelandankan oleh Rasulullah dalam mendidik dan membesarkan anak-anaknya. Dengan menerapkan cara mendidik anak seperti berikut maka akan Anda telah memenuhi tugas dan tanggung jawab sebagai orang tua dengan baik.

Cara Mendidik anak usia dini secara islami

1. Cara mendidik anak usia dini : Mengenalkan dan mendidik anak tentang tauhid

  • “Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat “Lailaha-illaallah”. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, “Lailaha-illallah”.
  • Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya “Lailah-illallah”, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.” (sya’bul Iman, juz 6, hal. 398 dari Ibn abbas)

Baca juga: Apa Tujuan Hidup Manusia Menurut Islam?

2. Cara mendidik anak usia dini : Mengenalkan ibadah shalat

  • “Perintahkan anak-anakmu untuk melaksanakan shalat apabila mereka telah berusia tujuh tahun, dan apabila mereka telah berusia sepuluh tahun maka pukullah mereka (apabila tidak mau melaksanakan shalat itu) dan pisahkanlah tempat tidur mereka.”

3. Cara mendidik anak usia dini : Mengajarkan berdzikir dan berdoa

  • “Jagalah dirimu dan keluargamu dari neraka. Jagalah dirimu dan perintahkanlah keluargamu untuk berdzikir dan berdoa.”

4. Cara mendidik anak usia dini : Memberikan nasehat

  • “Jika Rasulullah mendapatkan ada salah seorang dari anggota keluarga beliau yang berdusta maka beliau akan terus melawan sikap tersebut hingga dia (orang itu) bertaubat.” (HR. Ahmad)

Baca juga: Kumpulan Nasehat Islami Penyejuk Hati Dari Hadits – Kapsul Bioenergi

5. Cara mendidik anak usia dini : Memberikan kasih sayang

  • “Suatu hari Al Aqra’ bin Habis At-Tamimi duduk bersama Rasulullah. Dia (Al Aqra’) bertanya, “Apakah kalian mencium anak-anak kalian? Aku memiliki sepuluh orang anak, akan tetapi aku tidak pernah mencium satu pun dari mereka.” Rasulullah memandang Al Aqra’ dan bersabda, “Siapa saja yang tidak menyayangi (orang lain) maka dia tidak akan disayangi.”

6. Cara mendidik anak usia dini : Bersikap lembut

  • “Dari ‘Aisyah semoga Allah meridhai beliau bahwa dia berkata: Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Jika Allah ‘azza wa jalla menginginkan kebaikan bagi anggota rumah tangga, Dia akan memasukkan kelembutan kepada mereka’ (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya (24427); yang dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Jaami ‘as-Shaghir (303)).

Baca juga: 7 Cara Membina Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah

Demikian beberapa cara mendidik anak usia dini dalam Islam yang sebaiknya Anda terapkan dalam mendidik anak sehari-hari. Seiring dengan melakukan pola didikan seturut Alquran dan hadits di atas, Anda pun juga perlu berupaya untuk lebih dekat dengan Allah memohon petunjuk dan bimbingan-Nya agar selalu tepat dalam mendidik anak. Selain itu, Anda pun sebaiknya lebih meningkatkan kualitas diri sebagai orang tua yang layak untuk diteladani oleh anak. Selain dengan meningkatkan keimanan kepada Allah, Anda juga dapat meningkatkan energi positif dari dalam diri Anda dengan mengonsumsi Kapsul Bioenergi dari Bioenergi Center.

Kapsul Bioenergi bermanfaat menjadikan diri Anda lebih sabar, bertanggung jawab, dan makin menyayangi anak-anak Anda dengan tulus, dan dapat mendidik anak-anak menjdi pribadi yang berakhlak mulai sehingga menjadi anak yang sholeh dna sholehah.Dengan begitu, Anda pun akan menjadi orang tua yang makin disayangi oleh anak-anak Anda dan menjadikan keluarga Anda lebih tenang dan bahagia karena Anda telah berhasil membentuk masa depan anak Anda makin cerah dan beriman kepada Allah.

Baca juga: Cara Agar Harapan Keinginan mudah Terwujud, Lebih Sehat, Sukses Sejahtera

 

SHARE: