Awet Muda Tanpa Operasi

Bisa dipastikan hampir setiap orang ingin terlihat awet muda, karena itu berbagai hal akan dilakukan. Tapi jika tak ingin melalui cara operasi, ada cara-cara lain yang bisa dipilih agar terlihat awet muda.

Beberapa orang ada yang memilih cara operasi plastik untuk membuat wajahnya terlihat lebih muda. Tapi tak sedikit pula yang takut menempuh jalan tersebut karena ada risiko efek samping yang mungkin muncul.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar wajah terlihat muda tanpa melalui operasi, seperti dikutip dari eHow dan MSN, Senin (7/1/2013) yaitu:

1. Tidur yang nyenyak
Tidur sangat penting dalam mempertahankan penampilan muda seseorang karena tubuh meremajakan diri sendiri saat malam hari. Jika seseorang tidak tidur dengan nyenyak dan cukup, maka membuat tubuh kehilangan kesempatan untuk melakukan fungsi tersebut sehingga terlihat lebih cepat tua.

2. Rileks dengan pijat
Mendapatkan pijat tidak hanya membuat seseorang merasa segar dan rileks, tapi juga membantu pertahankan penampilan mudanya karena meningkatkan sirkulasi. Jika sirkulasi dalam tubuh baik maka turut mempengaruhi kulit, hasilnya akan terlihat lebih muda.

3. Memodifikasi pola makan
Makanan yang dikonsumsi sehari-hari memainkan peran penting dalam menjaga tubuh tetap sehat dan muda. Jika ingin terlihat awet muda, hindari lemak dan karbohidrat sederhana karena mempercepat penuaan.

Sementara makanan laut dan sayuran lebih banyak dikonsumsi karena kandungan vitamin dan mineralnya bisa membantu meningkatkan peremajaan sel dan memperbaiki penampilan.

4. Berhenti merokok
Seperti diketahui kandungan zat dalam rokok bisa merusak kolagen dan elastin, keduanya diperlukan dalam mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit yang menjaganya agar tidak kendur dan keriput.

5. Lindungi kulit dari sinar matahari
Gunakan selalu krim yang mengandung SPF minimal 15 dan antioksidan setiap hari di wajah serta leher. Ini untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet karena bisa mempercepat proses penuaan dengan menyebabkan munculnya keriput, kulit kasar dan bintik di wajah.

6. Melembabkan kulit
Oleskan pelembab atau lotion di tubuh, tangan serta leher. Sebaiknya pelembab mengandung vitamin A untuk meningkatkan elastisitas dan mengurangi munculnya keriput, vitamin C untuk meningkatkan pembentukan kolagen dan vitamin E yang baik untuk kulit.
(ver/vit)