17 Cara Bersyukur Ketika Mendapat Kelimpahan Rezeki Dari Allah

Cara Bersyukur

Cara Bersyukur – Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengaruniakan begitu banyak nikmat dalam kehidupan ini. Termasuk melimpahkan rezeki yang wajib kita syukuri keberadaannya apapun bentuk dari rezeki tersebut. Bagaimana Cara Bersyukur ketika mendapat rezeki dari Allah agar rezeki semakin berkah dan menambah kenikmatan dalam hidup kita?

Sebelum Anda mencari caranya, Anda perlu melakukan perenungan untuk melihat apa yang telah Anda dapatkan dari Allah. Baik berupa nikmat rezeki, jodoh, kesehatan, kemudahan atau nikmat-nikmat lainnya. Dengan merenung Anda dapat menemukan kesadaran diri  yang kemudian bisa mengantarkan Anda menemukan begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan untuk kita.

Sebagai contoh Allah telah memberikan nikmat rezeki dalam bentuk kesehatan sehingga Anda bisa menggerakan tubuh untuk beraktivitas sampai Anda bisa mendapatkan penghasilan. Allah juga memberikan rezeki berupa nikmat Iman dan Islam sehingga Anda bisa merasakan kehadiran Allah dalam hidup Anda dan memberikan kemudahan Anda dalam menjalani hidup ini. Mengenai syukur Allah menjelaskan dalam firmannya sebagai berikut:

Firman Allah tentang Syukur

  • “Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [Qs. An Nahl: 18].
  • Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS Al Baqarah:152)

Selain itu ada pula dalil di dalam Al – Qur’an tentang pentingnya mensyukuri nikmat Allah SWT, yaitu:

  • “Wahai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepada kalian dan bersyukurlah kepada Allah jika benar-benar kepada-Nya kalian menyembah.” [QS Al Baqarah: 172]

Dalam Ayat lain Allah Juga Berfirman yang artinya:

  • Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.[ QS: Ali-Imron : 145]

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mensyukuri nikmat yang sudah Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan untuk kita dan pada ulasan kali ini, akan kami berikan ulasan selengkapnya mengenai cara mensyukuri nikmat Allah untuk kamu.

Bagaimana Cara Bersyukur Ketika Mendapatkan Rezeki?

Adapun cara bersytukur ketika  mendapat kelimpahan rezeki dari Allah bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Bersyukur Dengan Menggunakan Hati

Mensyukuri nikmat termasuk rezeki dengan hati dilakukan dengan mengakui dan meyakini jika semua nikmat yang kita rasakan hanya semata-mata berasal dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan kita sebagai manusia hanya menjadi perantara sehingga segala sesuatu bisa terjadi atas kehendak-Nya. Dengan bersyukur dalam hati, kita akan merasakan ketulusan dari nikmat rezeki yang telah Allah SWT berikan termasuk nikmat iman, dan islam selama hidup.

2. Bersyukur Dengan Lisan

Cara Bersyukur

Seorang hamba yangbersyukur, maka lisannya akan senantiasa dipergunakan untuk dzikir serta mengucapkan Alhamdulillah. Semua itu dilakukan sebagai bentuk pujian atas nikmat yang sudah diberikan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Selain itu, berbagi rezeki dan nikmat yang diberikan Allah pada orang lain juga menjadi bentuk dari rasa syukur serta pengakuan pada Allah. Ini semua dilakukan tidak untuk membanggakan diri sendiri dan menyebabkan rasa iri untuk orang lain.

Rasa syukur yang terucap dengan lisan dengan menyebutkan rezeki atau nikmat yang diberikan Allah kepada kita dengan lisan bias dilakukan yang terpenting jangan sampai orang lain menganggap kita Riya

3. Mensyukuri Dengan Anggota Tubuh

Mensyukuri dengan anggota tubuh adalah melakukan banyak ketaatan pada Allah dan tidak memakai anggota tubuh untuk tujuan kemaksiatan. Mata hanya dipakai untuk melihat hal baik, telinga hanya dipakai untuk mendengar yang bermanfaat. Dan anggota tubuh yang lain hanya digunakan untuk beribadah pada Allah Subhanahu wa Ta’ala sekaligus menjalankan perkara yang sudah diwajibkan Allah dan menjadi sunnah Rasulullah.

Semua anggota tubuh yang sudah diberikan Allah hanya dipakai untuk menunjukkan ketaatan dan mempergunakan semua nikmat tersebut untuk melakukan amal shalih dan beribadah pada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

4. Bersyukur Dengan Lidah

Mensyukuri nikmat Allah dengan lidah bisa dilakukan dengan cara memperbanyak ucapan Alhamdulillah dan wasysyukru lillah. Cara mensyukuri nikmat yang sudah Allah dengan lidah berikutnya adalah dengan tafakkur pada Allah SWT. Menguatkan pandangan mata batin jika Allah merupakan Sang Maha Pemberi nikmat itu. Selain itu kita juga harus senantiasa bersifat qana’ah yakni untuk urusan duniawi melihat ke bawah dan urusan agama melihat ke atas.

Berpikirlah secara positif pada semua nikmat yang telah Allah berikan, sebab pada dasarnya, nikmat merupakan bentuk ujian dari pandai tidaknya kita untuk bersyukur. Sebab banyak orang hanya ingat Allah di kala susah yang merupakan ujian, namun sering lupa akan Allah saat mendapat ujian dengan nikmat kesenangan.

5. Bersyukur Melalui Amal Perbuatan

Mengungkapkan rasa syukur dengan amal perbuatan bisa dilakukan dengan ketaatan kita hamba-Nya saat melaksanakan semua yang sudah diperintahkan serta menjauhi semua larangan-Nya. Meningkatkan kualitas ibadah, sedekah, melakukan amal kebaikan. Perintah yang dimaksud adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan menunaikan semua perintah Allah baik yang bersifat wajib maupun sunnah.

6. Bersyukur Dengan Memuji Allah

Cara bersyukur atas rezeki dan nikmat Allah berikutnya adalah dengan memuji Allah Subhanahu wa Ta’ala atas semua karunia yang sudah diberikan pada kita. Ini bisa dilakukan dengan memanjatkan puji syukur serta menceritakannya secara lahir, sebab dengan mengingat dan menceritakan nikmat yang sudah diberikan Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka akan mendorong kita untuk lebih bersyukur.

7. Bersyukur Dengan Menjaga Kesehatan

Mensyukuri nikmat dan rezeki bias dilakukan dengan menjaga kesehatan badan. Karena kesetan itu sendiri juga rezeki. Agar tubuh tetap sehat, bisa dilakukan dengan menghindari rokok serta minuman keras. Karena kedua hal tersebut banyak mudharotnya bagi kesehatan dan bahkan bisa memberikan masalah bagi tubuh dan kesehatan kita. Selain itu, janganlah berjudi sebab ini adalah haram hukumnya yang akan menyebabkan seseorang bisa menjadi stress bahkan mengalami stroke.

8. Bersyukur Dengan Pola Hidup Sehat

Cara Bersyukur

Mensyukuri nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan cara menjaga makan, istirahat sekaligus berolahraga yang merupakan bagian dari pola hidup sehat. Dengan menjalankan pola hidup sehat ini juga membuat siklus energy tubuh menjadilebih lancar sehingga sistem organ, hormone, enzim metabolisme dan peredaran darah juga lebih lancar. Itulah mengapa menjaga pola hidup sehat merupakan salah satu cara bersyukur yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

9. Bersyukur Dengan Menjaga Kebersihan

Dalam hal bersyukur Islam juga menaruh perhatian lebih dalam urusan menjaga kebersihan. Bahkan dalam islam kebersihan adalah sebagian dari iman. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis “Ath-thahuuru syatrul iimaan (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi) yang artinya Bersuci [thaharah] itu setengah daripada iman.  Thaharah artinya bersuci dan bersuci biasanya untuk tujuan ibadah,dan bersuci lebih dari makna bersih dan yang bersih belum tentu suci. ini senada dengan anjuran menjaga kebersihan yakni “Annadha fatu minal iman” yang berarti kebersihan adalah sebagian dari iman.

10. Bensyukur Dengan Taat Beribadah

Salah satu bentuk nyata mensyukuri nikmat Allah adalah dengan meningkatkan ibadah dan bukan sebaliknya yakni berbuat lebih banyak kemaksiatan, sebab pada dasarnya, merealisasikan segala macam amal shalih merupakan bentuk dari mensyukuri nikmat Allah.

11. Bersyukur Dengan Senyuman

Senyum menjadi salah satu bentuk ucapan syukur atas semua nikmat yang sudah diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Selain itu, senyuman juga akan memberikan energi positif untuk banyak orang lain sehingga bisa ikut merasakan nikmat Allah yang sudah diberikan pada kita.

12. Bensyukur Dengan Acara Syukuran

Mengadakan sebuah acara syukuran menjadi bentuk dari wujud ucapan syukur pada Allah Subhanahu wa Ta’ala saat ada hajat yang kita inginkan tercapai. Hal ini dilakukan untuk ucapan rasa berterima kasih kita pada Allah karena sudah membuat terlaksana sesuatu yang kita inginkan.

13. Bersyukur Dengan Harta

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bersyukur pada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan menggunakan harta seperti belajar, mengamalkan serta berdakwah ajaran Islam, berjihad untuk membela Islam dan kaum muslim yang dibutuhkan, membangun masjid dan mushola, membangun sarana pendidikan, membantu kaum fakir miskin dan orang terlantar. Ini semua dapat dilakukan untuk memanjatkan rasa syukur pada Allah atas segala nikmat yang sudah Ia berikan untuk kita.

14. Bersyukur Dengan Zakat dan Menunaikan Haji

Cara Bersyukur

Cara mensyukuri nikmat Allah berikutnya adalah dengan mengeluarkan zakat serta menunaikan ibadah haji. Tentusaja jika mampu dan sudah memenuhi segala syarat wajibnya. Alangkah baiknya jika kita menggunakan harta benda yang kita miliki untuk lebih meningkatkan zakat dan menunaikan ibadah haji sebagai salah satu bentuk syukur atas rezeki dan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

15. Bersyukur Dengan Kegiatan Sosial

Cara mensyukuri nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala berikutnya adalah dengan memperbanyak kegiatan yang berhubungan dengan sosial dari mulai hal yang sederhana seperti membersihkan lingkungan sekitar yang juga menjadi bentuk sujud syukur atas nikmat yang telah Allah berikan untuk kita.

16. Bersyukur Dengan Meningkatkan Kualitas Ibadah

Cara bersyukur melalui peningkatan kualitas ibadah merupakan cara bersyukur yang tidak mudah. Apabila seseorang sudah sampai pada tahap ini, yaitu rasa syukurnya atas rezeki dan nikmat Allah menambah kualitas ibadahnya artinya ia telah menjadi manusia sukses yang sebenarnya. Hal ini berarti ia juga telah benar-benar membuat kesyukurannya merasuk ke hati dan sanubarinya. Sehingga akan membuatnya dengan penuh keiklasan merubah pandangan dunianya menjadi sesuatu yang menghubungkannya ke sisi spiritual. Sehingga karunia Allah dalam bentuk rezeki dan kenikmatan mampu menggerakkan hati dan pikirannya pada peningkatan kualitas ibadah.

17. Bersyukur Dengan Meningkatkan Kesadaran Diri

Tidak jauh berbeda dengan poin ke 16, bahwa bersyukur dengan meningkatkan kesadaran diri juga merupakan sebuah pencapaian yang tinggi bagi seseorang. Nikmat dan rezeki yang ia terima memberikan keberkahan sehingga mampu menuntun dirinya menemukan kesadaran diri. Kesadaran diri ini juga merupakan hidayah dari Allah, karena tanpa petunjuk dan bimbingan-Nya, siapapun akan sulit menemukan kesadaran diri.

Dan perlu diketahui pula bahwa kesadaran diri yang tinggi juga merupakan satu anugrah besar. Karena menandakan bahwa orang yang memilikinya telah memiliki kualitas energi yang tinggi. Dimana orang yang memiliki kualitas energi yang tinggi dapat dengan mudah mengatasi masalah yang dialaminya dan lebih cepat dalam mewujudkan harapan keinginannya.

*******

Beryukur merupakan salah satu jalan agar Allah senantiasa menambahkan nikmatnya kepada kita. Setelah Anda memahami berbagai cara bersyukur, Anda bisa menjadikan rasa syukur itu menjadi jalan kedekatan dengan sang maha Pencipta. Dengan kata lain kekuatan dari rasa syukur itu bisa meningkatkan kualitas energi spiritual kita. Dan kualitas energi spiritual yang tinggi mampu meningkatkan ketenangan hati dan pikiran. Dimana ketenangan hati dan pikiran itu menjadi hal yang sulit dan banyak dicari saat ini.

Namun apabila Anda ingin mengetahui bagaimana menjadikan hati dan pikiran tenang dan bahkan mendapatkan dengan mudah, Anda bisa memanfaatkan produk solusi Bioenergi seperti Kapsul Bioenergi.

Mengapa Kapsul Bioenergi?

Karena Kapsul Bioenergi mengandung Energi Bioelektromagnetik yang seketika diminum akan mengaktifkan sistem biomolekuler tubuh, menjadikan siklus energi dalam tubuh berjalan dengan baik. Selanjutkan akan mensinergikan antara kekuatan hati dan juga pikiran yang melahirkan ketenangan dan kedamaian. Dimana orang yang hati dan pikirannya tenang akan lebih fokus dan konsisten pada tujuan hidupnya, mampu mengatasi masalah hidup dengan mudah. Dan ketenangan itu pun bisa membuatnya lebih mudah memunculkan ide-ide yang bisa di eksekusi menjadi peluang kesuksesan. Sehingga ia juga akan lebih mudah dalam mewujudkan harapan dalam hidupnya.

SHARE: